UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

WIKE RAVIKA ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0040

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,  bahwa di SMK Muhamadiya 2 Kota Kediri masih banyak siswa yang  melakukan menyontek .tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui  bagaimana Upaya Guru BK mengatasi perilaku menyontek pada siswa kelas X SMK Muhamadiya 2 Kota Kediri.Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyontek yang dilakukan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kota Kediri. (2) untuk mengetahui alasan siswa melakukan mencontek di SMK Muhammadiyah 2 Kota Kediri. (3) untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah 2 Kota Kediri dalam mengatasi masalah mencontek yang dilakukan siswa. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan subyek 2 guru BK dan sekundernya 3 siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kota Kediri. Penelitian ini berjenis deskriptif dan teknik yang digunakan  dalam penggumpulan data menggunakan teknik wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi dikelolah dengan cara mereduksi data , penyajian data serta menarik kesimpulan  dari data yang diperoleh kemudian data analisis dengan menggunakan  reduksi data ,display data dan verifikasi data  dengan metode trianggulasi sumber untuk membuktikan keabsahan temuan.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)factor penyebab siswa melakukan menyontek adalah  pengaruh faktor ekstern dan factor intern pada siswa, kurang percaya diri dalam menjawa soal ujian serta kebiasaan siswa yang sering mengandalkan teman dan ingin mendapatkan nilai bagus (2) alasan siswa kelas X berperilaku menyontek karena guru lalai dalam pengawasan ujian, kurangnya iman yang tercanam pada diri siswa serta pelajran yang sulit dipahami (3) adapun upaya guru bimbingan dan konseling yaitu (a) guru bimbingan dan konseling memeberikan pengarahan dan layanan bimbingan klasikal (b) guru bimbingan dan konseling memberikan layanan individu.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomondasikan bahwa: hendaknya guru bimbingan dan konseling lebih memperhatiakn perilaku siswa agar siswa lebih giat dalam belajar sehingga siswa tidak berperilaku menyontek.

 

 

Kata Kunci : guru bimbingan dan konseling, perilaku menyontek.


Keyword

MENGATASI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA

Reference

Angreini, A. W.2017.Peran Guru Bk Dalam Mengurangi Perilaku Siswa Mencontek Di Mts. Swasta Proyek Kandepag Medan Ta, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Bimbingan Dan Konseling Islam. Medan. (Online), tersedia: http://skripsi%20amelia%20winda, diunduh 29 November 2017.

Pratiwi, M 2015.Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Smp Ahmad Yani Turen Malang,Fakultas PsikologiUniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang2015. (Online), tersedia: http://etheses.uin-malang.ac.id/618/6/10410172%20Bab%202.pdf, diunduh 29 November 2017.

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade