PENGARUH KONSELING KOGNITIF PERILAKU TERHADAP KONTROL DIRI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019


Author (Penulis)

YENI NUR LAILI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0039

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melakukan masa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN 5 Kediri bahwa mayoritas siswa kelas XI SMAN 5 Kediri memiliki kontrol diri yang tergolong rendah. Hal tersebut tercermin dari banyaknya siswa yang kurang disiplin dalam mentaati peraturan sekolah, kurangnya etika dan moral dalam pergaulan serta kurang memiliki rasa hormat terhadap guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, adakah pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap kontrol diri siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap kontrol diri siswa kelas XI IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Desain. Desain ini menggunakan pengukuran dua kali yaitu mengukur kontrol diri siswa sebelum diberi perlakuan (pretest) dan mengukur kontrol diri siswa sesudah diberi perlakuan (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kediri yang berjumlah 158 siswa. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak enam siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji paired-sample t test dengan hasil perhitungan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,050), hasil thitung sebesar 9,456 dan ttabel sebesar 2,571 pada taraf signifikansi 5 % dengan menggunakan bantuan program SPSS 22 for Windows. Kesimpulan hasil penelitan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap kontrol diri siswa kelas XI IPS SMAN 5 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini bagi guru BK diharapkan dapat memberikan layanan konseling kognitif perilaku sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan siswa untuk meningkatkan kontrol diri siswa disekolah, dan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam masalah ini terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini dengan harapan mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik.


Keyword

a

Reference

Damayanti, R. & Puti A.N. 2016. Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas VIII Di MTs N 2 Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Raden Intan Lampung. (Online), tersedia: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/5670 , diunduh 13 ‎Juli ‎2018.

Mukhtar, dkk. 2016. Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Jurnal Psikopedagogia. Universitas Ahmad Dahlan Surabaya. (Online), tersedia:   http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/4473/2606 , diunduh 13 ‎Juli ‎2018.

Muniroh, N.L. 2013. Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Perilaku Disiplin Pada Santri Di Pondok Pesantren. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Online), tersedia: http://digilib.uin-suka.ac.id/11691/ , diunduh 13 ‎Juli ‎2018.

Oktarini, I. 2014. Efektivitas Teknik Modeling Untuk Peningkatan Pengendalian Diri Siswa. Tesis. Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. (Online), tersedia: https://id.123dok.com/document/zpn62o7y-efektivitas-teknik-modeling-untuk-peningkatan-pengendalian-diri-siswa-penelitian-kuasi-eksperimen-pada-siswa-kelas-viii-smpn-2-batusangkar-tahun-ajaran-2014-2015.html , diunduh 14 Juli 2018.

Sari, S.P. 2017. Teknik Psikodrama dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Palembang. (Online), tersedia:    http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/article/view/386/214, diunduh 13 ‎Juli ‎2018.

Septinisa. 2017. Pelaksanaan Pendekatan Konseling Kognitif Perilaku Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Peserta Didik SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung. (Online), tersedia:     http://repository.radenintan.ac.id/579/1/SKRIPSI_LENGKAP_SEPTIANISA.pdf , diunduh 13 ‎Juli ‎2018.

Yahya A.D, Megalia. 2016. Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (Cbt) Dengan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Raden Intan Lampung. (Online), tersedia: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/561 , diunduh 13 ‎Juli ‎2018.

Yuliandita, S. 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas IX Di SMP N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. (Online), tersedia:  http://lib.unnes.ac.id/21159/1/1301411001-s.pdf, diunduh 13 ‎Juli ‎2018.


PUBLISHED

2018-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI