HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XI SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

KRISNA PANDU PURNAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0037

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar hasil pengamatan peneliti di kelas XI SMK TI Pelita Nusantara Kediri. Diperoleh informasi bahwa sebagian siswa masih memiliki tingkat penyesuaian sosial yang rendah yang ditunjukkan dalam sikap siswa yang kurang bisa berbaur dengan teman, merasa malu jika dihadapkan dengan orang lain, serta mudah cemas dan takut. Sebagian siswa juga masih kurang memahami konsep dirinya yang ditunjukkan dengan sifat pemarah ketika diberi kritik serta masukan dan cenderung merasa tidak disenangi orang lain.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian sosial pada siswa kelas XI SMK TI Pelita Nusantara Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel menggunakan tehik non probability sampling berjumlah 47 siswa. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen skala psikologi yaitu skala psikologi konsep diri dan skala psikologi penyesuaian sosial. Hasil uji korelasi diperoleh nilai rhitung 0,465 > 0,288 rtabel dengan nilai signifikansi 0,05, diketahui  taraf signifikansi 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian sosial pada siswa kelas XI SMK TI Pelita Nusantara Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini disarankan, (1) Bagi guru BK diharapkan mampu memberikan layanan bimbingan klasikal, kelompok, konseling individu khusunya pada layanan bidang pribadi dan sosial. (2) Siswa diharapkan mampu memahami dan menerima konsep dirinya dengan baik serta mampu melakukan penyesuaian sosial dengan positif. (3) Orang tua diharapkan mampu memberikan masukan dan saran untuk bagaimana menumbuhkan konsep diri positif agar individu mampu melakukan penyesuaian sosial dengan baik.

 

KATA KUNCI: konsep diri, penyesuaian sosial


Keyword

a

Reference

Agustiani, Hendriati. (2006). Psikologi  Perkembangan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Agustin, Ladyane. 2007. Hubungan antara Konsep Diri dan Penyesuaian Sosial Mahasiswa Papua yang Kuliah di Yogyakarta. (online).

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burns. (1993). Konsep Diri Teori,Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku.  Jakarta: Arcan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI