ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil dari pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa mengalami masalah dalam berinteraksi dengan lingkungan, cenderung ragu-ragu dalam berpendapat, tidak mampu berkomunikasi dengan baik, dan tidak mampu mengeksplorasikan dirinya didepan kelas, hal ini terkait dengan kepercayaan diri yang rendah. Untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dapat menerapkan teknik psikodrama dengan cara bermain peran. Dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan teknik psikodrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan dilaksanakan cara pre-eksperimen design dan menggunakan jenis desain one-group pretest-posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI APK 1, APK 2, APK 3, APK 4 di SMK PGRI 2 Kediri. Sampel penelitian ada 7 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Treatmen berupa psikodrama dilakukan sebanyak tiga kali, sedangkan kepercayaan diri diukur menggunakan angket atau kuesioner kepercayaan diri. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata skor pre-test 104 (kepercayaan diri rendah) dan rata-rata post-test 117 (kepercayaan diri sedang). Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,635 dan nilai signifikansi sebesar 0,011. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung> t tabel yaitu 3,635 > 1,943 dan signifikansi uji t 0,11< 0,05 artinya ada pengaruh teknik psikodrama terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI APK 1 SMK PGRI 2 Kediri, jika psikodrama diterapkan maka kepercayaan diri siswa naik. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, direkomendasikan sebagai saran yaitu: Diharapkan bagi guru BK atau Konselor dapat menerapkan teknik psikodrama ini sebagai referensi untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa, untuk siswa teknik psikodrama ini menjadi suatu permainan peran untuk menigkatkan kepercayaan diri sehingga siswa dapat meningkatkan dorongan prestasinya, serta mengenal kelebihan dan kekurangan diri.
Kata kunci: teknik psikodrama, kepercayaan diri
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian. Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizan, H. 2016. Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketergantungan media sosial pada siswa di smk negri 1 bantul. Skripsi: UNY. (Online), tersedia: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/viewFile/3295/2991, diunduh 09 November 2017.
Ghufron dan Risnawita. 2012. Teori-teori psikodrama. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Romlah, Tatiek. 2012. Teori dan praktek bimbingan kelompok. Malang: Universitas negri malang.
Sukmadinata, N.S. 2007. Pengembanga Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.