PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMKN 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

DIAN PUTRI RESTUDEWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0035

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa disiplin belajar di SMKN 1 Kota Kediri menunjukkan bahwa masih ada siswa yang memiliki disiplin belajar rendah, hal tersebut nampak dari perilaku siswa dalam kegiatan pembelajaran, seperti gaduh dalam kelas, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, lupa membawa tugas ke sekolah, bolos, siswa berada diluar kelas saat pembelajaran sedang berlangsung, bercanda atau mengobrol saat guru menjelaskan materi. Dalam penelitian ini menggunakan suatu Treatment yaitu menggunakan teknik Self Management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa disekolah.Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan antara kemampuan teknik self management terhadap  disiplin belajar siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TKR yang terdiri 130 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purpsosive sampling dan didapat sampel yaitu XI TKR yang tingkat disiplin belajarnya rendah sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 9 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Penelitian ini dilakukan dalam 6 tahap, yaitu pretest, melakukan teknik self management   sebanyak 4kali, dan posttest. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala disiplin belajar menggunakan instrumen berupa RPLBK dan skala disiplin belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 13,135 dan ttabel dengan db N-1= 8 berarti thitung  > ttabel,13,135 > 2,037, pada taraf signifikan 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh teknik self management terhadap disiplin belajar siswa kelas XI TKR di SMKN 1 Kota Kediri tahun ajaran 2018/2019.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan penggunakan self management adalah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa melalui kesadaran individu. (2) Guru BK masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah teknik self management dapat meningkatkan aspek lain.

 

 

KATA KUNCI: Kata kunci: teknik self management, disiplin belajar.


Keyword

a

Reference

Ayu Wita Udayani, Komang. 2009. Penerapan Konseling Rasional Emotif dalam Meningkatkan Kedisplinan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi: Undiksha.

 

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Ri No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama. Hal: 63.

 

Pridjodarminto. 2009. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT Pradnya Pramita.

 

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI