STUDI KASUS KEPERCAYAAN DIRI SISWI \"SNIS\" YANG MEMILIKI GANGGUAN BICARA GAGAP KELAS XI DI SMAN 1 NGADILUWIH TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YUSSY ARGA ZAKIYAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0034

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berdasarkan adanya salah satu siswi yang memiliki gangguan bicara gagap dapat bersekolah di sekolah yang umum dan dapat melangsungkan pendidikannya tanpa ada hambatan. Kepercayaan diri subjek sangat menarik untuk diteliti, karena keseharian subjek berada pada lingkungan peserta didik yang normal. Kepercayaan diri peserta didik yang memiliki gangguan tertentu belum tentu rendah, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengetahui bagaimana kepercayaan diri siswi “SNIS”, dan faktor apa yang dominan mempengaruhi kepercayaan diri siswi “SNIS” yang memiliki gangguan bicara gagap. Sehingga peserta didik yang memiliki gangguan bicara gagap tersebut dapat melangsungkan pendidikan hingga ke sekolah menengah ke atas atau SMA. Subjek utama dalam penelitian ini adalah satu peserta didik. Setting penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ngadiluwih dan tempat tinggal subjek. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/ 2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Kesimpulan dari penjelasan peneliti terkait hasil penelitian yang dilakukan ini adalah subjek memiliki kepercayaan diri yang cukup baik. Sikap subjek yang menyadari akan kekurangan dan kelebihannya serta memiliki sikap ramah dan berbicara lembut kepada orang lain, memiliki cita-cita yang tinggi serta keyakinan akan kemampuannya untuk bisa membawanya menuju kesuksesan adalah bukti dari subjek memiliki kepercayaan diri. Serta faktor yang dominan mempengaruhi kepercayaan dirinya juga timbul dari dalam diri subjek yang selalu berfikir positif terhadap kehidupannya di masa depan, serta dukungan keluarga khususnya dari ibu dan kakak kandung subjek yang memberikan dukungan serta motivasi untuk subjek, dan yang terakhir yaitu faktor dari lingkungan sekolah subjek yang turut mendorong dan membantu proses peningkatan kepercayaan diri subjek ini. Baik yang diberikan teman-teman subjek maupun guru subjek yang ada di sekolah.

 

 

KATA KUNCI: kepercayaan diri, gangguan bicara gagap


Keyword

a

Reference

Effendi, Irwan dan Lestari R. 2008. Gangguan Bicara Dan Bahasa Pada Anak. (online), tersedia: http://www.dokteranakku.com/wpcontent/downloads/ Buku%20gangguan%20bicara%20dan%20bahasa.pdf, diunduh pada 30 Oktober 2017.

 

Ghufron, M. Nur & Risnawita, R. S. 2012. Teori-Teori Psikologi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

 

Harmansyah, 2015. Dinamika Kepercayaan Diri Pada Anak Tunarungu (Studi Kasus) di Sekolah Dasar Luar Biasa Putra Jaya Malang. (Online), diunduh pada 26 Oktober 2017.

 

Mario, S. 2011. Positive Thinking vs Positive Attitude. Yogyakarta : Locus. (online). tersedia: http://sekolahpsikologi.blogspot.com/2017/11/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kepercayaan-diri.html, diunduh 12 Mei 2018

 

Prihatin, D. 2012. Studi Kasus Mengenai Konsep Diri Mahasiswa yang Berprofesi Sebagai Gigolo, (Online), tersedia

          http://eprints.uny.ac.id/9718/3/Bab%203%20-07104241010.pdf., diunduh 03 Januari 2018.

 

Mukti R., 2014. Gangguan Berbicara Pada Reza Mahendra Anak Penyandang Gagap, (Online), tersedia: http://www.radenmukti.com, diunduh 27 November 2017.

 

Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20/U/1986 tentang anak cacat bisa bersekolah di sekolah umum apabila peserta didik tersebut memiliki intelegensi normal., (online), tersedia: http://qoqoazroqu.blogspot.com/2013/01/undang-undang-republik-indonesia-nomor.html, diunduh 04 Juni 2018

 

Zakiyah, N.M.A, 2012. Gangguan Kelancaran Berbicara “Gagap” Pada Anak. (Online). http://www.nitazakiyah.blogspot.com, diunduh 8 November 2017.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI