STUDI KASUS PERILAKU MEMBOLOS \"FN\" SISWA KELAS XI UPW 1 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

MEI NOVITA NUR RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0033

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi latar belakang siswa yang memiliki perilaku membolos dan mengetahui akibat dari perilaku membolos siswa kelas XI UPW 1 SMK Negeri 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku yang menyimpang di sekolah yaitu perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa dan dalam hal ini berpengaruh dengan nilai akademik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa, untuk tempat penelitian di lakukan di SMK Negeri 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dan rumah subyek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu faktor-faktor yang menjadi penyebab perilaku membolos yaitu kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, kurangnya komunikasi dengan orang tua, kurangnya dukungan terhadap motivasi belajar dari keluarga, kurangnya jam tidur malam/ bergadang, seringnya bangun kesiangan, kurangnya motivasi belajar, kurangnya berkonsentrasi saat pelajaran, rasa malas untuk berangkat sekolah, malas sama pelajaran yang diajarkan, malas dengan beberapa guru yang saat mengajar bikin mengantuk. Akibat yang timbul dari perilaku membolos yaitu sering mendapat panggilan dari guru BK, sering mendapat teguran dari guru wali kelas, panggilan orang tua kesekolah, sering ketinggalan pelajaran, absensi yang banyak tanpa keterangan, mendapatkan nilai yang tidak bagus bahkan di bawah nilai KKM.

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sebagai guru, khususnya guru BK yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk perilaku siswa sehingga dapat menempatkan diri sebagai panutan yang baik dan menamkan tentang nilai-nilai norma etika serta landasan religius yang kuat sehingga  siswa memiliki pondasi yang kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif. 

 

KATA KUNCI: perilaku membolos, studi kasus.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Golafshani, N. 2003. Understanding Reliability and Validity in Qualitative Research. The Qualitative Report. Toronto: University of Toronto.

Gunarsa, Singgih dan Ny. Y. Singgih. 2002. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Haryanto. S. 2009. Perilaku Membolos Mempengaruhi Ketahanan Pribadi (Studi Kasus di 3 SLTA Negeri Malang). Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UGM.

Hurlock, Elizabeth. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kartini, Kartono. 2003. Bimbingan bagi Anak dan Remaja yang Bermasalah . Jakarta :Rajawali Pers.

Mustaqim, Wahib. 2012. ciri-ciri siswa yang suka membolos. (online). tersedia:  http://www.jejakpendidikan.com/2017/04/ciri-ciri-siswa-yang-sering-membolos.html di unduh 15 mei 2018.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Yin.Robert, K . 2013. Studi kasus (Desain & Metode). Jakarta : Rajawali Press.

 


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI