HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEDISIPLINAN KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 NGADILUWIH TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

MEY EKA WINDASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0030

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa ditemukan beberapa masalah tentang rendahnya kedisiplinan siswa di SMA Negeri I Ngadiluwih tahun pelajaran 2018/2019, beberapa masalah kedisiplinan terdapat pada siswa kelas X MIPA 2 adalah kurangnya kesadaran diri dan penanaman sikap disiplin, Kedisiplinan siswa pada siswa kelas XI MIPA 2 menurun disebabkan konsep diri rendah. Konsep diri rendah menyebabkan siswa tidak mampu secara maksimal menyadari dan menilai dirinya sendiri akan pentingnya kedisiplinan bagi diri sendiri terutma dalam kedisiplinan belajar.Permasalahan penelitian ini adalah: adakah hubungan konsep diri dengan kedisiplinan siswa di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngadiluwih tahun pelajaran 2018/2019 ? sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui hubungan konsep diri dengan kedisiplinan siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Ngadiluwih tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 190 siswa. Sampel penelitian didapatkan 32 siswa dengan menerapkan teknik  purposive sampling. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data berupa angket konsep diri dan angket kedisiplinan siswa yang bersifat tertutup. Analisis data untuk mengetahui hubungan antara variabel menggunakan uji korelasi product moment.Kesimpulan dari hasil penelitian ini ada hubungan konsep diri dengan kedisiplinan siswa di sekolah pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri I Ngadiluwih tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukan rhitung = 0,985 dan rtabel = 0,349 pada taraf signifikan 0,05 dengan n=32. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,985 > 0,348. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan saran bagi siswa diharapkan mampu mengoptimalkan perilaku kedisiplinan dengan melakukan serangkaian kegiatan disekolahan dan memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif dan bagi lembaga sekolah atau guru senantiasa memberikan peraturan yang tegas mengenai  pentingnya membiasakan kedisiplinan di sekolah agar siswa mentaati peraturan.

 

Kata kunci: konsep diri, kedisiplinan siswa


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arianda, E.S 2014. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Prodi Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Malang.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gufron. 2011. Pengantar Pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di

 sekolah. Jakarta Rineka Cipta.

Gunarsa,Singgih D.dan Ny Singgih D.Gunarsa.2006. Psikologi Perkembangan  anak dan remaja, Jakarta PT.Gunung Mulia.

Horlock, Elizabet B. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Praja & Efendi. 2002. Pengelolaan Kelas dan Interaksi Belajar Mengajar. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv.Alfabeta.

Tu’u. 2004. Disiplin dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo

 Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Sistim Pendidikan

 Nasional.

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI