Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

FITRIA FEBRI ERMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0029

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat melakukan observasi, bahwa terdapat banyak siswa SMAN 1 Mojo Kabupaten Kediri yang mengalami penurunan konsentrasi dalam belajar. Menurunnya konsentrasi belajar mengakibatkan siswa kurang semangat belajar dan mengakibatkan cepat bosan saat mengikuti proses pelajaran yang ada didalam kelas. Dengan adanya permasalahan siswa tersebut, maka diperlukan cara untuk dapat membantu siswa dalam mengembalikan dan meningkatkan konsentrasi belajarnya dengan memberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom, keunggulan teknik homeroom yaitu suatu teknik bimbingan yang diciptakan seperti suasana kekeluargaan dirumah sehingga siswa atau konseli merasa nyaman saat menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapinya kepada konseli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik homeroom terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok teknik homeroom terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Jenis sampel digunakan dalam penelitian purposive sampling dengan sampelnya sebanyak 7 siswa dari jumpal populasi 177 siswa kelas XI IPS SMAN 1 Mojo. Analisis data ini menggunakan uji paired sample t-test dan dibantu menggunakan aplikasi SPSS 23 for windows. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah t hitung >  ttabel (17.714>2,446) dan diketahui taraf signifikansi sebesar 0.000 yang berarti kurang dari 0,05 (0.000<0,05) yang berarti Ha diterima yaitu adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik homeroom terhadap konsentrasi belajar siswa. Jadi kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan memberikan bimbingan kelompok teknik homeroom terbukti berpengaruh dan dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan bagi, (1) Pihak sekolah diharapkan mendukung pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling; (2) Diharapkan uru BK dapat melakukan assessment terhadap siswa yang sekiranya mengalami penurunan dalam konsentrasi belajarnya; (3) Bagi siswa dihara dapat melatih konsentrasinya supaya dapat memfokuskan pikiran saat pelajaran.

KATA KUNCI  : bimbingan kelompok teknik homeroom, konsentrasi belajar.

 


Keyword

Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom, Konsentrasi Belajar

Reference

Arikunto. S 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta: Jakarta.                           

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok Dasar Dan Profil. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, Prof, Dr, 2016.  Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Romlah, T. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. (Malang: Universitas Malang).


PUBLISHED

2019-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade