Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI TPM di SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

PRADIPTA RUDI KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0022

Abstract

ABSTRAK

       Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat melakukan observasi, bahwa terdapat banyak siswa SMK Muhammadiyah 2 Kediri yang mengalami penurunan motivasi dalam belajar. Menurunnya motivasi belajar mengakibatkan siswa kurang semangat belajar dan mengakibatkan malas cepat bosan saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan adanya permasalahan siswa tersebut, maka diperlukan cara untuk dapat membantu siswa dalam mengembalikan semangat dan meningkatkan motivasi belajarnya dengan memberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing, keunggulan teknik role playing  yaitu suatu teknik bimbingan yang diciptakan seperti memainkan suatu peran atau bermain peran dengan proses alur cerita sehingga siswa tertarik merasa nyaman saat menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen one group pretest-postest design. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian purposive sampling dengan sampelnya 27 siswa kelas XI TPM yang diberi pretest, setelah diberi pretest dapat diketahui yang motivasi belajar rendah sebanyak 6 siswa dari jumlah populasi 125 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Analisis data ini menggunakan uji paired sample t-test dan dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS 23 for windows. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap motivasi belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan memberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing terbukti berpengaruh dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Jadi kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah thitung > ttabel (29,911>2,570) dan diketahui taraf signifikan sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000>0,05) yang berarti Ha diterima yaitu adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru BK/sekolah dapat melakukan assesment terhadap siswa yang mengalami penurunan semangat dalam motivasi belajarnya dan diharapkan dapat memberikan layanan untuk mengatasi permasalahan siswa tersebut.

 

kata kunci  : Bimbingan kelompok teknik role playing; motivasi belajar


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan. S. N. 1996. Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial buku 1 dan 2. Bandung, Jurusan Pendidikan Sejarah UPI.

Sudjana, Nana . 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.  Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi, D.K. 2002. Pengantar pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Soeharto, dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Intellectual Club.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI