PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA PAWYATAN DAHA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

SUGENG PRASETIO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0017

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman waktu melakukan Program Praktek Lapangan, dan peneliti saat melakukan observasi, bahwa terdapat siswa SMA Pawyatan Daha Kota Kediri yang mengalami masalah interaksi sosial yang kurang baik, seperti tidur dalam kelas ketika pelajaran berlangsung, berkata tidak sopan, kurangnya rasa hormat pada teman sekelas, dan pada gurunya, suka membolos pada waktu pelajaran berlangsung, merokok di area lingkungan sekolah, dan berkelahi dengan teman sekelas nya.

            Dengan adanya permasalahan siswa tersebut, maka diperlukan cara untuk membantu siswa dalam penyelesaian kemampuan interaksi sosial dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, teknik sosiodrama yaitu suatu teknik bimbingan kelompok yang memerankan tingkah laku ataupun ungkapan gerak-gerik wajah seseorang dalam hubungan sosial antara individu dengan individu yang lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kemampuan interaksi sosial siswa ?.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian propotional random sampling atau sampel acak. Dari jumlah keseluruhan populasi 74 siswa, dengan jumlah sempel sebanyak 37 siswa, hanya di ambil 7 siswa dari hasil nilai pretest posttest yang rendah, pada kelas X SMA PAWYATAN DAHA Kota Kediri. Analisis data ini menggunakan uji paired sample t-test dan dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS  for windows realiase 16.

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah t hitung >  ttabel (6.790>2,446) dan diketahui taraf signifikansi sebesar 0.000 yang berarti kurang dari 0,05 (0.000<0,05) yang berarti Ha diterima yaitu ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kemampuan interaksi sosial siswa. Jadi kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan pemberian bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terbukti berpengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan bagi sekolah/ guru BK dapat melakukan assessment terhadap siswa yang sekiranya mengalami masalah kemampuan interaksi sosial yang kurang baik, dan diharapkan dapat memberikan layanan untuk meningkatkan permasalahan siswa tersebut menjadi lebih baik.

 

 

KATA KUNCI  : bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, kemampuan interaksi sosial.


Keyword

bimbingan kelompok teknik sosiodrama, kemampuan interaksi

Reference

Ahmadi, Abu. 2002. Psikologi Sosial. Rineka Cipta. Jakarta.

Ali, Mohamad dan Mohamad Asrori. 2004. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta didik). Jakarta: Bumi Aksara.

Hartinah, S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika ditama.

Salahudin, A. 2012. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kobinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade