HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS X SMKN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

PURWANTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0016

Abstract

Abstrak

 

Purwantini: Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Perilaku Asertif  Tahun Pelajaran 2017/2018

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang peneliti lakukan di SMK Negeri 2 Kediri, bahwa terdapat siswa yang memiliki perilaku asertif yang tergolong rendah. Masih ada siswa yang kurang mempertahankan hak pribadi, kurang menghormati hak orang lain dan kurangnya kemampuan untuk menunjukkan kesetaraan dalam hubungan, hal tersebut disebabkan siswa mudah terpengaruh oleh rasa percaya diri. Percaya diri menjadi salah satu bagian penting dari perkembangan kepribadian seseorang sebagai penentu bagaimana bersikap dan bertingkah laku seperti perilaku asertif, dengan adanya perilaku asertif siswa mampu membuka suatu relasi untuk masa depan siswa tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah hubungan antara percaya diri  dengan perilaku asertif siswa kelas X SMK Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dan mengali data sehingga dapat mengetahui adakah hubungan antara percaya diri dengan perilaku asertif siswa kelas X SMK Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik korelasional. Jenis analisis data yang digunakan adalah korelasi.  Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2017/2018 sejumlah 670 siswa dengan sampel yang diambil sejumlah 73 siswa, dengan jumlah laki-laki 25 siswa sedangkan perempuan 48 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple proporsional. Data penelitian ini diperoleh melalui skala psikologis percaya diri dan skala psikologis perilaku asertif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh percaya diri dalam kategori sedang sedangkan tingkat perilaku asertif siswa dalam kategori sedang. Hasil analisis korelasi menunjukkan r hitung ? r tabel yaitu 0,547 > 0,235. Artinya ada hubungan yang positif antara percaya diri dengan perilaku asertif siswa kelas X SMK Negeri 2 Kediri. Berdasarkan kesimpulan penelitian, diperoleh hasil perhitungan r hitung ? r tabel yaitu  0,547 > 0,235, akibatnya Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat hubungan percaya diri dengan perilaku asertif siswa kelas X SMKN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Disarankan orangtua, guru, khususnya guru BK agar lebih memperhatikan perkembangan anak pada saat ini agar mampu meningkatkan rasa percaya diri dengan baik dan berperilaku asertif dalam sehari-hari disekitarnya.

 

Kata Kunci: percaya diri, perilaku asertif.


Keyword

a

Reference

Alberti, R,Emmons.R.(2004).Panduan Praktis Hidup Ekspresif dan Jujur Pada Diri Sendiri.Pt.Elex Media Komputindo.

Alberti, Robert & Emmons, Michael.2002. Hidup Lebih Bahagia dengan Mengungkapkan Hak. Jakarta: Elex Media Computindo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Azwar, S. 2002. Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Briliantputri, Melisa 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Asertif dan Perilaku Agresif Siswa Kelas XI SMAN 1 NGAGLIK Tahun Ajaran 2012/2013.Skripsi Universitas Yogyakarta.

Dewi, Kartika 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas XI SMP NEGERI 25 SEMARANG Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Semarang.

Habsari, Sri. (2005). Bimbingan &Konseling SMA kelas XI. Jakarta :Grasindo.

Hakim, Thursan.2004. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hapsari, R., M,. 2008. Sumbangan Perilaku Asertif Terhadap Harga Diri Pada Karyawan. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Nur Hayati. (2010). Strategi Peningkatan Perilaku Asertif Anak usia Dini Melalui Pembelajaran Bermain Peran. Thesis. Yogyakarta

Iqbal, M. Hasan. 2002. Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Intensif). Jakarta : Bumi Aksara.

Nursalim. (2005) Strategi & Intervensi Konseling. Unesa University Press.

Putri. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Asertif dan Perilaku Agresif Siswa Kelas XI SMAN 1 Ngaglik. UNY.

Riduwan. 2013. Dasar – dasar Statistika. Bandung. Alfabeta.

Samsunuwiyati Mar’at, (2006), Psikologi Perkembangan, Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 20 Pasal 1 Ayat 1 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Online), Tersedia :http://www.jdih.bpk.go.id diunduh 09 Mei 2018.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI