EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR DI KELAS XI MIA 5 SMA NEGERI 1 PURWOASRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

MARATU FITRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0011

Abstract

ABSTRAK

 

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan PPL2, maka pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa merasa sangat drop ditunjukkan dengan adanya gejala-gejala seperti sering bolos jam pelajaran dengan pergi ke kantin, sering bolak-balik ke kamar mandi dengan berbagai alasan, sering bolos sekolah, apabila pada jam pelajaran yang tidak diujikan dalam ujian nasional siswa menyepelekan dengan ramai di kelas, bahkan ada juga yang tidur dikelas pada jam pelajaran berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama efektif untuk mengurangi kejenuhan (burnout) siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Purwoasri Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mengurangi kejenuhan (burnout) belajar siswa di SMA Negeri 1 Purwoasri, Kediri, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian Pre-eksperimental dengan desain One group Pretest Posttest. Popuasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Purwoasri yang berjumlah 31 siswa. Pemilihan populasi tersebut berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ketika peneliti melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL 2). Penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria hasil pretest tinggi. Sampel penelitian ini yaitu 12 siswa kelas XI MIA 5 di SMA Negeri 1 Purwoasri, diambil dari hasil pretest siswa yang masuk dalam kategori kejenuhan (burnout) belajar tinggi. Penelitian ini menggunakan skala psikologis tentang kejenuhan (burnout) belajar dan Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (RPLBK). Penelitian ini menggunakan analisis paired sample t test untuk menunjukkan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk menurunkan kejenuhan (bunrout) belajar siswa. Dari hasil perhitungan analisis uji paired sample t-test diatas dengan menggunakan SPSS 22.0 for windows maka didapatkan thitung > ttabel, yakni 7,841 > 2,201 dengan taraf signifikansi 5%. Artinya teknik psikodrama efektif untuk menurunkan kejenuhan (burnout) belajar siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Purwoasri. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disarankan: (1) Psikodrama dapat membantu siswa untuk mengatasi kejenuhan dengan cara memberi pemahaman kepada siswa terkait mengatasi kejenuhan, menciptakan kembali suasana fisik, mental dan emosi siswa serta membantu siswa untuk mengatasi masalah melalui permainan peran atau drama. (2) Guru BK mampu mengembangkan serta sebagai rujukan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk meminimalisir perilaku burnout yang dialami oleh siswa.

 

KATA KUNCI  : bimbingan kelompok, teknik psikodrama, kejenuhan (bunrout) belajar

 


Keyword

Bimbingan kelompok teknik PSIKODRAMA, kejenuhan (BURNOUT)

Reference

Butar Butar, I.R.T. 2015. Hubungan antara Burnout dengan Prestasi Kerja Insurance Agents Prudential Cabang Kantor Graha Prestasi. Skripsi. Medan: FPSI Universitas HKBP Nommensen.

Damanik, A.S.K. 2015. Psikodrama untuk Menurunkan Tingkat Stres Pada Siswa Akselerasi. (Online), tersedia:

(http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3535), diunduh pada 3 Juni 2018.

Mubarok, M. A. 2009. Efektivitas Brain Gym (Senam Otak) Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar (Learning Plateau) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Taman-Sidoarjo. Skripsi. Sidoarjo: Ftar UINSA Surabaya.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. 2014. (Online), tersedia

(http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_59_14.pdf), diunduh pada 3 Juni 2018

Putri, D.V.A. 2014. Analisis Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Burnout pada Perawat. Skripsi. Semarang: FEB UNDIP.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade