PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS XI BKP SMK NEGERI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

AHMAT FIRDAUS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0010

Abstract

 

Abstrak

Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Dengan teknik role playing  (bermain peran) Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas XI BKP SMK Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini berdasarkan latar belakang oleh adanya beberapa siswa yang menunjukan kurangnya interaksi sosial. Beberapa siswa masih kurang bekerjasama, komunikasi, menghormati dan banyak lagi lainya. Hal tersebut menunjukan masih banyak siswa kurang memahami tentang interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing (bermain peran) terhadap interaksi sosial siswa kelas XI BKP SMK Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan mengunakan metode experimen dengan jenis quasi experimental dalam bentuk nonquivalent control group desain dengan rancangan satu kelompok subjek. Sampel berjumlah 66 siswa di ambil dengan teknik sampling purposive  dari populasi yang berjumlah 696 siswa . pengumpulan data mengunakan instrument berupa skala psikologi.Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji paried sample t test. Berdasarkan hasil  penelitian didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai thitung10,960 >2,037ttabel, maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruhinteraksi sosial dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing (bermain peran)siswa kelas XI BKP SMK Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk guru BK untuk menerapkan Teknik role playing (bermain peran) dalam mengatasi masalah interaksi sosial. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan variabel lain yang atau menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik yang lain untuk meningkatkan interaksi sosial siswa sehingga mendapatkan hasil yang berbeda.

 

Kata Kunci: bimbingan kelompok, teknik role playing (bermain peran), interaksi sosial


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chayatie. 2010. Pengaruh teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan                    interaksi Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Gorontalo.  Skripsi Tidak Diterbitkan. Gorontalo: Program Sarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Istrani. 2011. 58 Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Lantika, 2016. Pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing (bermain peran) terhadap interaksi sosial SMP Negeri 2                       Patian Rowo Tahun Ajaran 2015/2016. Kediri BK FKIP UNP.

Sugiyono. 2016 Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI