EFEKTIVITAS PEMBERIAN TEKNIK CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN EMOSI MARAH PADA SISWA KELAS X TPM DI SMKN 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

WINDY UTAMI NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0009

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa permasalahan yang dialami siswa kelas X TPM di SMK Negeri 1 Kediri yang masih banyak mengalami masalah dalam pengelolaan emosi marahnya dimana mereka masih sering teribat suatu permasalahan saat disekolah, karena kurangnya pengelolaan emosi marah yang dimiliki siswa yang mana dalam mengatasi masalah tersebut pemberian materi dari mata pelajaran Bimbingan dan Konseling mempunyai andil yang cukup besar. Penelitian ini menggunakan treatment yaitu menggunakan Cinema Therapy sebagai media dalam pemberian layanan Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan pengelolaan emosi marah.

Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan teknik Cinema Therapy efektif untuk meningkatkan pengelolaan emosi marah siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kuantitatif. Sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan one group pretest-posttest design pengukuran dilakukan dengan menggunakan angket pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X TPM yang terdiri dari 128 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purpososive sampling dan didapat sampel yaitu kelas X TPM yang tingkat pengelolaan emosi marahnya rendah terdapat 33 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Penelitian ini dilakukan 6 tahap, yaitu pretest, melaksanakan treatment cinema therapy 4 kali, dan postest. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala pengelolaan emosi marah menggunakan instrumen berupa RPLBK. Kesimpulan hasil pada penelitian ini adalah Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh  = 15,897 dan ttabel dengan db N-1= 32 berarti thitung > ttabel, 15,897 > 2,037 pada taraf signifikan 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa teknik Cynema Therapy efektif untuk meningkatkan pengelolaan emosi marah pada siswa TPM kelas X SMKN 1 Kediri Tahun ajaran 2018/2019.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan teknik cinema therapy adalah untuk meningkatkan pengelolaan emosi marah. (2) Guru BK masih perlu meniliti apakah teknik cinema therapy dapat meningkatkan pengelolaan emosi marah.

 

Kata kunci : cinema therapy, pengelolan emosi marah.


Keyword

a

Reference

Salomon, G. 2007. Treatment Video therapy. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Sobur.Alex. 2003 Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanti-tatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

 

Triantoro Safaria & Nofrans Eka Saputra. (2012). Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI