EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TEKNIK CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI PMS 1 SMK PGRI 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

AIMMATUL FITRIANA ROSYIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0006

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan atas dasar hasil pengamatan peneliti di kelas XI PMS 1 SMK PGRI 2 Kediri, diperoleh informasi bahwa sebagian siswa masih memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah yang ditunjukkan dalam sikap siswa yang kurang yakin dengan kemampuannya, takut ketika ditunjuk untuk menjelaskan kembali materi yang diberikan, malu dalam menunjukkan/mengungkapkan ide-ide dalam berdiskusi, kurang berambisi dan masih bergantung dengan orang lain. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu teknik yang akan digunakan yaitu teknik cinema therapy. Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI PMS 1 SMK PGRI 2 Kediri?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan teknik cinema therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI PMS 1 SMK PGRI 2 Kediri.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, teknik penelitian Pre-Eksperimen Desain dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa dari kelas XI PMS 1 SMK PGRI 2 Kediri. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah yang berjumlah 8 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Penelitian ini dilakukan dalam 5 tahap, yaitu: pretest, melakukan teknik cinema therapy sebanyak 3 kali, dan posttest. Sedangkan pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPLBK, Film/cinema, dan skala kepercayaan diri.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa XI PMS 1 SMK PGRI 2 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dilihat dari hasil uji paired t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,01 (< 0,05) dan hasil thitung 5,884 dengan derajat kebebasan (df) 7 dipeoleh nilai ttabel 2,306 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan teknik cinema therapy adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. (2) Guru BK masih perlu meneliti terus, menerus, untuk membuktikan apakah teknik cinema therapy dapat meningkatkan aspek-aspek yang lain.

 

KATA KUNCI  : cinema therapy, kepercayaan diri


Keyword

a

Reference

Ghufron, M. Nur & Risnawita, R. S. 2012. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta:  Ar-Ruzz Media.

Lubis, N.L. 2011. Memahami Dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana.

Pamrayogi, A.A. 2013. Hubungan antara Pemanfaatan Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas IX D SMP Negeri 4 Batang. (Online), tersedia:  http://www.repository.uksw.edu, diunduh 9 Mei 2018

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tomb, D.A. 2003. Buku Saku Psikiatri Edisi 6. Jakarta: EGC.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Online), tersedia: http://www.jdih.bpk.go.id, diunduh 9 Mei 2018.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI