Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

MAULIDIANA NUR AZIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0004

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan atas pengamatan peneliti di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri yang diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat kecemasan sosial yang tinggi dengan ditunjukannya sikap siswa yang merasakan malu atau minder saat berbicara didepan umum, takut dikritik, serta merasakan cemas saat berada di situasi sosial. Selain itu, siswa juga kurang mampu mengelola efikasi dirinya yang ditunjukan dengan sifat tidak percaya diri sehingga masih banyak siswa yang memiliki kecemasan sosial yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan sosial pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan subjek penelitian sebanyak 31 siswa  dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yang tujuannya untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi efikasi diri dan skala psikologi kecemasan sosial. Hasil uji korelasi diperoleh nilai rhitung 0,449 > 0,355 rtabel dengan nilai signifikansi 0,05 dan diketahui taraf signifikansi 0,011 yang berarti lebih dari 0,05 (0,011 > 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rhitung > rtabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan antara efikasi diri dan kecemasan sosial pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Berdasarkan simpulan, peneliti mengajukan saran yaitu (1) Bagi guru BK diharapkan terus memaksimalkan layanan informasi, bimbingan klasikal serta layanan konseling individu khususnya bidang pribadi sosial pada siswa agar efikasi dirinya selalu meningkat. (2) Bagi siswa diharapkan dapat menerima diri apa adanya, selalu meningkatkan pengenalan diri, dan memiliki penghargaan yang positif terhadap diri sendiri. (3) Bagi orang tua juga diharapkan selalu mendukung siswa agar terus meningkatkan efikasi dirinya.

 

KATA KUNCI  : efikasi diri, kecemasan sosial.


Keyword

a

Reference

Hurlock, B. Elizabeth. 2003. Psikologi

Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Ciracas Jakarta: Erlangga.

Mutahari, hamzah 2016. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kalasan Tahun Ajaran 2015-2016. (Online),tersedia: http://eprints.uny.ac.id/30734/, diunduh 02 desember 2017.

Azizah, Maulidiana N. 2018. Hubungan Efikasi Diri Dan Kecemasan Siswa. Sekolah Menengah Kejuruan, Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan dan Pembelajaran, Jurusan Bimbingan dan Konseling UN PGRI Kediri, Kediri, 4 Agustus

Basyari, Asyhar. 2013. Hubungan Antara Minat Dan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Kesadaran Sejarah Siswa Man Yogyakarta III. (online). tersedia: https://eprints.uny.ac.id/22745/2/SKRIPSI.pdf, diunduh 10 september 2017.

Purwanto, Erwan Agus., Dyah Ratih S. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Administrasi Publik Dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur  Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI