EFEKTIFITAS PEMBERIAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSON CENTERED UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS X SMK HIDAYATUS SHOLIHIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

UMI MAHMUDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0003

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang didapat peneliti selama melakukan observasi di SMK Hidayatus Sholihin, diperoleh bahwa terdapat siswa yang mengalami konsep diri rendah. Siswa tersebut selalu menganggap dirinya berbeda dengan siswa lainnya karena merasa tidak memiliki kemampuan atau kelebihan yang sama dengan siswa lainnya sehingga siswa cenderung menjadi pesimis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pemberian layanan konseling individu dengan menggunakan pendekatan  person centered  untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas X SMK Hidayatus Sholihin tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan bentuk design eksperimen one-group pretest-posttest design. Sampel yang diambil sebanyak 3 siswa yang memiliki konsep diri rendah, yaitu DH, NR, NL. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa RPLKI dan angket, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai thitung 1,732 lebih kecil dari nilai ttabel 4,303 dan nilai probabilitas 0,225 lebih besar dari taraf signifikan 0,05, yang berarti hipotesis yang diajukan oleh peneliti ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian layanan konseling dengan menggunakan pendekatan person centered tidak efektif terhadap konsep diri siswa kelas X di SMK Hidayatus Sholihin tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini disebabkan faktor lainnya yang juga mempengaruhi konsep diri, seperti faktor orang lain dan kelompok rujukan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang dapat digali: (1) Siswa dapat memanfaatkan layanan-layanan yang disediakan oleh guru BK agar ketika mengalami permasalahan siswa tidak terlalu larut dan segera mendapatkan bantuan serta jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapinya, (2) Bagi guru BK untuk memilih pendekatan yang tepat dalam memberikan konseling individu kepada siswa, serta lebih memperhatikan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi konsep diri siswa, karena konsep diri siswa dapat meningkat tidak hanya dari faktor pengaruh diri sendiri akan tetapi ada faktor dari luar yang dapat meningkatkan konsep diri siswa.


Keyword

Layanan konseling individu, pendekatan person centered, konsep diri

Reference

Andari. 2014. Peningkatan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Person Centered Pada Siswa Kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Fitri, Aulia. 2012. Penggunaan Pendekatan Client Centered Dalam Meningkatkan Konsep Diri Pada Siswa Kelas VIII H MTS Negeri Kedondong Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Tidak dipublikasikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

 

Handayani, Septi. 2015. Sistem Pendidikan Nasional. (online). tersedia: http://blog.unnes.ac.id/yoseph/2015/11/16/sistem-pendidikan-nasional/, diunduh 15 November 2017.

 

Lusiana, Emma, Rosra, Muswardi, Widiastuti, Ratna. 2017. Penggunaan Konseling Client Centered dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas X). Artikel. (Online), tersedia: http://digilib.unila.ac.id, diunduh 27 November 2017.

 

Nugroho, Afrizal Arif. 2014. Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Konsep Diri Pada Remaja Peminum-Minuman Keras di Desa Bantarwuni Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Tesis. Tidak dipublikasikasikan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

 

Jones, Nelson. 2006. Teori dan Praktik Konseling Dan Terapi, Edisi Keempat. Terjemahan Drs. Helly Prajitno Soetjipto, M.A. dan Dra. Sri Mulyantini Soetjipto. 2011. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

 

Prapanca, Samsul. 2012. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Pilihan Karier Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Tidak dipublikasikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

 

Susanti, Ayu. 2017. Efektivitas Konseling Individual Dengan Pendekatan Client-Centered Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Tidak dipublikasikasikan. Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

 

Thalib, S.B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade