PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TPM 1 SMK NEGERI 1 NGASEM TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

YANTI PURWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0001

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan atas dasar hasil pengamatan peneliti di kelas XI TPM 1 SMK Negeri 1 Ngasem, diperoleh informasi bahwa sebagian siswa memiliki motivasi belajar yang rendah yang ditunjukkan dalam sikap siswa yang ditandai dengan kurangnya konsentrasi dalam belajar, gaduh didalam kelas, tidak mengerjakan PR, tidur didalam kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu teknik yang akan digunakan yaitu menggunakan metode active learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode active learning  terhadap motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, teknik penelitian Pre-Eksperimen Desain dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa dari kelas XI TPM 1 SMK Negeri 1 Ngasem. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang berjumlah 8 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Penelitian ini dilakukan dalam 5 tahap, yaitu: pretest, pemberian metode active learning sebanyak 3 kali, dan posttest. Sedangkan pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPLBK, Metode Active Learning, dan skala motivasi belajar. Berdasarkan analisis data dengan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 (< 0,05) dan hasil thitung 15,321 dengan derajat kebebasan (df) 7 dipeoleh nilai ttabel 2,365 sehingga thitung  > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode active learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa XI TPM 1 SMK Negeri Ngasem Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan di atas maka disarankan (1) bagi siswa dapat memahami apa manfaat dan tujuan dari motivasi belajar. (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan metode atau strategi lain yang lebih efektif lagi. (3) bagi guru BK mampu menggunakan metode active learning bukan hanya digunakan untuk aspek motivasi belajar saja, melainkan dapat dikembangkan untuk aspek yang lain.

 

KATA KUNCI  : active learning, motivasi belajar.

 


Keyword

ACTIVE LEARNING, MOTIVASI BELAJAR

Reference

Prayitno dan Erma Amfi. 2009. Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Uno, H.B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. (Online), terdia: http://library.um.ac.id/free-contents/download/pub/download-print5.php/38406.pdf,diunduh14 Desember 2017.

Melvin L. Silberman. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Efektif. Bandung: Nusamedia.

Melvin L. Silberman, 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade