Pengaruh Pemberian Media Computer Assited Intruction (CAI) untuk Meningkatkan Pemahaman siswa terhadap Materi Ajar Pencegahan Dan Penanggulangan Narkoba Dan Psikotropika Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sawahan Nganjuk Tahun Pelajaran 2016 - 2017


Author (Penulis)

ADITYA SUTANEGARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0073

Abstract

ADITYA SUTANEGARA : 14.0.06.01.0073. PEMANFAATAN MEDIA COMPUTER ASSITED INTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI AJAR PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN NARKOBA DAN PSIKOTROPIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAHAN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis. Kediri. Program Pascasarjana Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : CAI, Pemahaman, Pencegahan Dan Penanggulangan Narkoba Dan Psikotropika Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Mengetahui pengaruh computer assisted instruction (CAI) pada pemahaman siswa (2) Mengetahui pengaruh metode ceramah pada pemahaman siswa. (3) Mengetahui perbedaan interaksi perbedaan interaksi antara penguasaan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah Populasi yang digunakan dalam rencana penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nganjuk, sebanyak 8 kelas dengan jumlah keseluruhan 244 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random yaitu secara acak dengan pengundian.. Dari jumlah sampel 80 orang diterapkan model pmbelajaran CAI dan Metode ceramah, dimana hasilnya diklasifikasikan menjadi dua yaitu hasil pemahaman tinggi dan hasil pemahaman rendah. Teknik pengumpulan data dengan soal tes dan untuk mengukur minat siswa digunakan angket . Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2 dan uji Newman Keuls. Hasil penelitian : 1) Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan media CAI memiliki peningkatan yang berbeda antara siswa putra dan putri . Hal ini dibuktikan dari nilai 89,5 > 70,75pada taraf signifikasi 5%.; 2) Dari hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh perlakuan metode ceramah memiliki peningkatan hasil belajar yang berbeda antara siswa putra dan putri yang mendapat pembelajaran metode ceramah . Hal ini dibuktikan dari nilai putri 74,5 > 60,2 dan 3) Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada interaksi antara perbedaan pembelajaran media CAI dan model pembelajaran metode ceramah. Karena .pembelajaran media CAI > model pembelajaran metode ceramah deengan demikian hipotesa nol (Ho)ditolak yang berarti bahwa keberhasilan pendekatan pembelajaran dipengaruhi oleh media pembelajaran CAI pada siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh signifikan pemberian media CAI pada peningkatan pemahaman siswa kelas VIII SMPN 1 Sawahan. (2) Ada pengaruh pemberian model pembelajaran metode ceramah pada peningkatan pemahamn siswa kelas VIII SMPN 1 Sawahan.(3) Ada perbedaan interaksi yang signifikan antara media pembelajaran CAI dan pembelajaran metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar . Pengaruh media pembelajaran CAI lebih baik dari pada pembelajaran metode ceramah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-22

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 02 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI