PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN GERAK TERHADAP KETRAMPILAN SERVIS ATAS BOLA VOLI MINI PADA SISWA PUTRA KELAS V DAN VI SDN MERJOYO KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

YULIA TRI ERVINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0060

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara pendekatan massed practice dan distributed practice terhadap peningkatan servis atas bola voli mini, (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan servis atas bolavoli mini antara siswa yang memiliki kemampuan gerak tinggi dan rendah, (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan gerak terhadap peningkatan keterampilan servis atas bola voli mini.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa putra kelas V dan VI SD negeri Merjoyo yang berjumlah 30. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varian (ANAVA) rancangan faktorial 2x2 pada ? = 0,05 dengan bantuan software SPSS versi 16.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Perbedaan pengaruh latihan pendekatan pembelajaran massed practice dan latihan distributed practice terhadap keterampilan servis atas bola voli mini diperoleh nilai t hitung sebesar 3,324 dengan nilai signifikansi 0,003. Hasil penghitungan tabel nilai Sig yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak, (2) Perbedaan peningkatan keterampilan servis atas bola voli mini antara kemampuan gerak tinggi dan kemampuan gerak rendah diperoleh nilai t hitung sebesar 2,901 dengan nilai signifikansi 0,008. Hasil penghitungan tabel nilai Sig yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, (3) Interaksi antara pembelajaran latihan dan kemampuan gerak terhadap keterampilan servis atas bola voli mini diperoleh bahwa nilai F hitung pada interaksi pendekatan pembelajaran latihan dan kemampuan gerak dengan nilai Signifikansi yang diperoleh sebesar 0,046 adalah lebih kecil dari 0,05 (p<0,05).Pada penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan hasil latihan antara pendekatan pembelajaran massed practice dan pendekatan pembelajaran distributed practice terhadap keterampilan servis atas bola voli mini, bahwa pendekatan pembelajaran massed pratctice lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran distributed practice. (2) Ada perbedaan hasil latihan pukulan antara kemampuan gerak tinggi dan kemampuan gerak rendah keterampilan servis atas bola voli mini, bahwa kemampuan gerak tinggi lebih baik dari kemampuan gerak rendah. (3) Ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan gerak terhadap keterampilan servis atas bola voli mini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-27

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 02 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI