PENGARUH PERMAINAN HIJAU HITAM DAN PERMAINAN BOY-BOYAN TERHADAP KECEPATAN LARI 30 METER DITINJAU DARI HASIL STANDING BOARD JUMP SISWA KELAS IV SDN KARANGTENGAH 2 KANDANGAN KEDIRI


Author (Penulis)

DENIE ROSMAWATI ES
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0059

Abstract

PENGARUH PERMAINAN HIJAU HITAM DAN PERMAINAN BOY-BOYAN TERHADAP KECEPATAN LARI 30 METER DITINJAU DARI HASIL STANDING BOARD JUMP SISWA KELAS IV SDN KARANGTENGAH 2 KANDANGAN KEDIRI DENIE ROSMAWATI ES NPM : 14.0.06.01.0059 Keguruan Olahraga - Program Pascasarjana denoxdeblong54@gmail.com Prof. Dr.AGUS KRISTIYANTO,M.Pd dan Dr.ATRUP,M.Pd.M.M UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan dan keinginan untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan agar prestasi belajar penjas siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan antara permainan hijau hitam dan boy-boyan terhadap kecepatan lari 30 meter siswa kelas IV SDN Karangtengah 2 Kandangan Kediri. 2) Perbedaan kecepatan lari 30 meter antara hasil standing board jump tinggi dan rendah. 3) Interaksi antara metode pembelajaran dengan tingkat standing board jump terhadap kecepatan lari 30 meter. Penjas sebagai mata pelajaran wajib di Sekolah mulai dari SD sampai Sekolah Menengah memuat berbagai kopetensi dasar dan aspek domain pendidikan (kognitif, afektif dan psikomator). Aktivitas fisik digunakan untuk menghasilkan perubahan holistik yang permanen. Aktivitas fisik dilakukan melalui permainan hijau hitam dan permainan boy-boyan untuk memperoleh skill gerak yang dimodifikasi sesuai dengan situasi, kondisi, perkembangan peserta didik dan program penjas. Permainan hijau hitam dan boy-boyan melatih kepekaan reaksi, ketepatan, kelincahan dan kecepatan lari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD yang ada di Kec. Kandangan dan sampel berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan kuota area rondom sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan tes lari 30 meter dan tes power (standing board jump). Hasil tes power digunakan untuk mengelompokkan sampling berdasarkan tingkat standing board jump di atas rata-rata dan di bawah rata-rata. Teknik analisis data menggunakan anova rancangan faktorial 2x2 dan uji newman keuls. Hasil penelitian : 1) Ada perbedaan antara permainan hijau hitam dan boy-boyan terhadap kecepatan lari 30 meter. Taraf signifikasi 5%. Nilai sig. 0,000 ? 0,05 dengan Fhitung sebesar 69,437. 2) Ada perbedaan kecepatan lari 30 meter antara hasil standing board jump tinggi dan rendah. Nilai sig. 0,000 ? 0,05 dengan Fhitung sebesar 371,994. 3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan tingkat standing board jump terhadap kecepatan lari 30 meter. Nilai sig. 0,816 ? 0,05 dengan Fhitung sebesar 0,055. Kesimpulan penelitian ini yaitu siswa dengan standing board jump tinggi menggunakan permainan hijau hitam memiliki peningkatan kecepatan lari 30 meter terbaik dibanding dengan siswa memiliki standing board jump tinggi menggunakan permainan boy-boyan dan standing board jump rendah menggunakan permainan hijau hitam serta standing board jump rendah menggunakan permainan boy-boyan. Latihan teknik dasar kecepatan lari dapat dilakukan dengan permainan yang sesuai dengan perkembangan siswa. Kata Kunci : Permainan, kecepatan, power, standing bord jump.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-26

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 02 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI