PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH PADA PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017


Author (Penulis)

HADI WINARTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0058

Abstract

Belajar yang beragam dapat menjadi alternatif belajar bagi siswa, sehingga tidak hanya mengandalkan sumber belajar dari buku dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk membuat multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash mata permainan sepakbola untuk siswa SMPN 2 Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan melalui tahap pendahuluan, pengembangan desain pembelajaran, produksi, dan evaluasi produk. Setelah tahap produksi, kemudian tahap validasi produk oleh ahli media dan ahli materi. Data diperoleh melalui kuisioner tentang kualitas produk multimedia pembelajaran tentang aspek tampilan, isi/ materi, pembelajaran, dan data kualitatif saran dan masukkan dijadikan bahan perbaikan. Data kualitatif adalah data yang diperoleh dari kuisioner yang berupa pernyataan dan bukan hasil perhitungan angka dianalisis dengan statistik deskriptif dan data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari angka dari penilaian awal mulai dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dimana untuk mengetahui keberhasilan produk yang akan dikembangkan. Dari hasil kuisioner kelompok besar siswa dapat dikatakan sangat baik dimana frekuensi 13 prestasi sangat baik yaitu 86,67 dan frekuensi 2 presentasi baik yaitu 13,33 dan hasil dari komentar siswa bahwa pembelajaran menggunakan multimedia Macromedia Flash pada materi pembelajaran permainan sepakbola sangat menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada permainan sepakbola yang dapat digunakan oleh siswa sebagai materi pendamping pada permainan sepakbola. Adapun validasi ahli materi dan ahli media “sangat baik”, sedangkan penilaian pada uji diperoleh: aspek tampilan skor 4,35 ( sangat baik), aspek isi skor 4.27 (sangat baik), aspek pembelajaran skor 4,30 (sangat baik). Rerata keseluruhan pada uji coba siswa adalah 4.25 termasuk kriteria “baik”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-03-02

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 02 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI