FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

NUNUK NEVI BIUTY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0049

Abstract

Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013 dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya sarana dan prasarana, kesiapan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dukungan orang tua dan masyarakat. Dalam penerapanya tentu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ) di Sekolah khususnya di tingkat SD ada yang berhasil dengan sukses, ada pula yang hanya sebatas tertuang di Rencana Program Pengajaran (RPP) tidak sampai pada penerapan, ada juga yang tidak berhasil, untuk itu diperlukan kajian yang bisa membantu faktor-faktor apa saja yang dapat membantu guru berhasil dalam mengajarkan PJOK K13 SD di Kota Kediri. Adapun rumusan masalah sebagai berikut (1) bagaimana gambaran penerapan Pembelajaran PJOK berbasis kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Kota Kediri? (2) Faktor-faktor apa saja menentukan keberhasilan guru PJOK dalam penerapan pembelajaran PJOK berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Dasar di Kota Kediri ? Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan pada guru PJOK SD sebanyak 12 sekolah dasar sebagai sampel dan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang dikembangkan oleh Peneliti sendiri, Tempat penelitian dilakukan di Kota Kediri di 12 sekolah dasar di Kota Kediri. Teknik pengambilan data menggunakan angket yang dilakukan langsung oleh peneliti ke lokasi penelitian. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis faktor. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa ada 5 faktor yang menjadi pendukung keberhasilan guru dalam mengajarkan pembelajaran PJOK di tingkat Sekolah Dasar, yang di dalamnya ada 39 indikator. Hasil analisis secara descriptive kuantitatif menunjukkan bahwa pada umumnya pelaksanaan pembelajaran PJOK SD di kota Kediri dalam kategori cukup. Simpulan dari hasil penelitian adalah (1) gambaran penerapan Pembelajaran PJOK berbasis kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Kota Kediri berada pada kategori cukup. (2) faktor-faktor yang menentukan keberhasilan guru PJOK dalam penerapan pembelajaran PJOK berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Dasar di Kota Kediri ada 5 faktor penentu yang terdiri atas 39 indikator di dalamnya yakni (a) faktor Penerapan Pembelajaran PJOK SD, (b) faktor Penerapan Tematik Terpadu pada PJOK SD, (c) faktor Pencapaian Kompetensi Inti dalam Pembelajaran PJOK SD (d) faktor Penilaian pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan (e) faktor perencanaan pengajaran. Kata Kunci: keberhasilan, pembelajaran, PJOK, Kurikulum 2013

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-25

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 02 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI