PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS KINESTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR
Author (Penulis)
WIJI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.0.06.01.0047
Abstract
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS KINESTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR
WIJI ASTUTI NPM : 14.0.06.01.0047
Email : agneswijiastuti@gmail.com
Keguruan Olahraga - Pascasarjana
Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.1 Dan Dr. Sulistiono, M.Si.2 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk : 1) Mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani yang dapat digunakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada anak sekolah dasar; 2) Membuat kemasan model pembelajaran pendidikan jasmani yang dapat digunakan sebagai panduan mengajar pada anak usia sekolah dasar dalam bentuk CD dan dilengkapi dengan petunjuk pelaksanaan sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan desain penelitian eduacational research and development (R & D) menggunakan pendekatan Model Pengembangan Instruksional Suparman Atwi (2001: 29) yang menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1) identifikasi masalah, 2) identifikasi perilaku karakteristik peserta didik, 3) mengembangkan produk awal (draf awal), 4) validasi ahli dan revisi 5) uji coba skala kecil dan revisi 6) uji coba skala besar dan revisi, 7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan pada para peserta didik SDN Ngasem Kabupaten Kediri berjumlah 19 siswa, sedangkan uji coba skala besar dilakukan pada para peserta didik SDN Ngasem, SDN Nglumbang, SDN Blimbing, SDN Bogem, dan SDN Bangkok 2, Kabupaten Kediri yang kesemuanya berjumlah 111 siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu: 1) pedoman wawancara, 2) skala nilai, 3) pedoman observasi terhadap model pembelajaran, 4) keberterimaan, dan 5) pedoman observasi pada pendidik pelaku uji coba. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis kinestetik yang didokumentasikan dalam CD dan buku petunjuk pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas III sekolah dasar. Model pembelajaran terbagi ke dalam 9 pos yaitu: 1) berjalan dan lompat di atas balok titian, 2) lompat gawang, 3) memindahkan kubus berwarna, 4) melempar bola ke arah sasaran, 5) menendang bola ke gawang, 6) berguling ke depan, 7) merangkak dalam terowongan, 8) merayap di bawah tali laba-laba, dan 9) memanjat tali. Kesemua item dalam pos tersebut dikemas dalam bentuk satu rangkaian kegiatan. Pada akhir penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran yang dibuat sangat menarik, sesuai dengan karakteristik peserta didik, dapat digunakan sebagai cara mengajar pada pendidikan jasmani serta sangat efektif untuk mengembangkan kecerdasan majemuk.
Kata kunci : Pengembangan, model pembelajaran, kinestetik, kebugaran jasmani.