EVALUASI PENERAPAN MUATAN PEMBELAJARAN PJOK DALAM KURIKULUM 2013 PASCA PELATIHAN GURU SASARAN SEKOLAH DASAR DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

WITA SUWARNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0037

Abstract

EVALUASI PENERAPAN MUATAN PEMBELAJARAN PJOK DALAM KURIKULUM 2013 PASCA PELATIHAN GURU SASARAN SEKOLAH DASAR DI KOTA KEDIRI Wita Suwarna 14.0.06.01.0037 Pasca Sarjana – keguruan Olah Raga email Prof.DR.H. SUGINO, M.M.dan DR. ATRUP, M.Pd.M.M. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Kurikulum 2013 yang berlalukan oleh Pemerintah saat ini masih perlu revisi sampai,perubahan demi perubahan dilakukan untuk membuat kualitas pelaksanaan kurikulum 2013, sehingga tercapai hasil belajar yang maksimal di sekolah. Evaluasi pelaksanaan kurikulum dilakukan agar sesuai dengan prinsip prinsip pelaksanaannya. Atas dasar itulah masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) Apakah guru pendidikan jasmani dan kesehatan di Sekolah Dasar sasaran mampu merencanakan RPP kurikulum 2013 berbasis kesesuain antara konsep dengan penerapan pembelajaran pasca pelatihan di lapangan ? (2) Apakah guru pendidikan jasmani dan kesehatan mampu menerapkan mampu menerapkan sesuai dengan RPP kurikulum 2013 pasca pelatihan kurikulum2013 di SD sasaran Kota Kediri?. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum dalam penelitian ini adalah Kurikulum 2013. Evaluasi merupakan proses pemberian/penentuan nilai atau penghargaan terhadap data yang diperoleh dari hasil pengukuran berdasarkan periodik, dan model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi, model yang digunakan adalah model CIPP, ada 12 Sekolah Dasar yang diteliti di kota Kediri, fokus pada pengajaran guru pendidikan jasmani dan kesehatan di SD, instrumen yang digunakan dalam penelitian evaluasi model CIPP adalah angket yang dikembangkan oleh Peneliti yang sudah melalui tahap validasi ahli. Teknik analisis data penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Proses penelitian diawali dengan pengembangan instrumen berupa angket yang sudah tervalidasi ahli, setelah angket siap digunakan maka pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh hasil untuk komponen Context dengan rata-rata nilai 3.25. sedangkan untuk komponen Input dengan rata-rata nilai 3.11., sedangkan untuk komponen Process dengan rata-rata nilai 3.18., sedangkan untuk komponen Product dengan rata-rata nilai adalah 3.24. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah (1) Guru pendidikan jasmani dan kesehatan di Sekolah Dasar sasaran mampu merencanakan kurikulum 2013 berbasis kesesuain antara konsep dengan pembelajaran pasca pelatihan di lapangan, dengan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa Context berada pada kategori cukup, Input berada pada kategori cukup, Process berada pada kategori cukup sedagkan untuk Product yang berada pada kategori cukup. (2)., Guru pendidikan jasmani dan kesehatan mampu menerapkan pembelajaran sesuai dengan RPP kurikulum PJOK pasca pelatihan K.13 di SD sasaran Kota Kediri, dengan bukti hasil CIPP secara keseluruhan berada pada kategori cukup. Kata Kunci : Penerapan, Konten/Isi,Kurikulum 2013

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-29

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 02 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI