PENGEMBANGAN “ALAT BANTU MULTI GUNA” SEBAGAI BENTUK KREATIVITAS GURU UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI PADA SEKOLAH DASAR
Author (Penulis)
SENTOT SUKARNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.0.06.01.0031
Abstract
ABSTRAK
Judul tesis ini adalah Pengembangan “Alat Bantu Multi Guna” Sebagai Bentuk Kreatifitas Guru Untuk Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pendidikan Jasmani Pada Sekolah Dasar. Latar belakang dalam penelitian ini adalah keterbatasan sarana olah raga bagi siswa SD dan sempitnya lapangan olah raga sehingga memunculkan ide bagi peneliti untuk mengadakan penelitian mengenai pengembangan “Alat Bantu Multi Guna” lebih lanjut. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah bagaimana wujud “alat bantu multiguna” sebagai hasil pengembangan produk kreatifitas guru untuk pencapaian kompetensi siswa dalam pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar dan seberapa efektif penggunaan “alat bantu multiguna” untuk pencapaian kompetensi siswa dalam pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat bantu multi guna dan mengetahui efektifitas penggunaan alat bantu multi guna untuk pencapaian kompetensi siswa dalam pendidikan jasmani pada sekolah dasar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran penjasorkes melalui modifikasi alat multi guna pada permainan bola voli, bola tangan mini dan lompat tinggi hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata 7,8 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 76%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 9 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 100%. Hasil belajar afektif siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 72%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar yang dicapai 76%. Hasil belajar psikomotorik siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 40%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar 64%. Dengan modifikasi alat multi guna pembelajaran jasmani di lapangan dapat berjalan dengan mudah. Hal ini bisa dilihat dari semangat para siswa SDN Balowerti I Kota Kediri saat pembelajaran jasmani di lapangan berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sehingga saran yang diberikan pada guru penjasorkes dapat melakukan penerapan modifikasi alat multi guna untuk pembelajaran pada siswa kelas III dan IV untuk meningkatkan hasil belajar dan kompetensi siswa terutama pada materi permainan bola voli, bola tangan mini dan lompat tinggi.
Kata kunci : Modifikasi, Alat multi guna, Pembelajaran