PENGARUH PERBEDAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP HASIL TEMBAKAN LAY UP BOLA BASKET (Studi Eksperimen Praktik Padat dan Terdistribusi pada Siswa Putra SMA Negeri 8 Kota Kediri pada Tahun Pelajaran 2016-2017)


Author (Penulis)

PUTRA PRASETIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0030

Abstract

Abstrak Putra Prasetia: Pengaruh Perbedaan Pendekatan Pembelajaran dan Persepsi Kinestetik Terhadap Hasil Tembakan Lay Up Bola Basket (Studi Eksperimen Praktik Padat dan Terdistribusi pada Siswa Putra SMA Negeri 8 Kota Kediri pada Tahun Ajaran 2016-2017).Tesis, Keguruan Olahraga, Program Pascasarjana, UN PGRI Kediri. 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Perbedaan pengaruh antara praktik padat dengan praktik terdistribusi terhadap hasil tembakan lay up bola basket. 2) Perbedaan hasil tembakan lay up bola basket antara siswa putra yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan rendah. 3) Pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan persepsi kinestetik terhadap hasil tembakan lay up bola basket. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 170 siswa. teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan persepsi kinestetik diukur dengan tes Vertical Linier Space Test dan pengumpulan data lay up di ukur dengan test Wincousin Bounce and Shoot. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalan Hasil penelitian : 1) Berdasarkan analisis anava dua jalur, dapat diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 atau nilai Fhitung (17,298) > Ftabel (4,085), hal ini berati ada perbedaan pengaruh antara praktik padat dan praktik terdistribusi terhadap hasil tembakan lay up bola basket; 2) Berdasarkan analisis anava dua jalur, dapat diperoleh nilai Sig. = 0,002 < 0,05 atau nilai Fhitung (11,048) > Ftabel (4,085) hal ini berarti ada perbedaan hasil tembakan lay up bola basket antara siswa putra yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan rendah; dan 3) Berdasarkan analisis anava dua jalur, dapat diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 atau nilai Fhitung (25,637) > Ftabel (4,113) hal ini berarti ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan persepsi kinestetik terhadap hasil tembakan lay up bola basket Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan praktik padat dan terdistribusi terhadap hasil tembakan lay up bola basket. Pengaruh pendekatan pembelajaran praktik terdistribusi lebih baik dari pada praktik padat terhadap hasil tembakan lay up bola basket; (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara persepsi kinestetik tinggi dengan persepsi kinestetik rendah terhadap hasil tembakan lay up bola basket. Hasil tembakan lay up bola basket pada siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi lebih baik dari pada yang memiliki persepsi kinestetik rendah; 3) Terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan persepsi kinestetik terhadap hasil tembakan lay up bola basket. Kata kunci : tembakan lay up bola basket, persepsi kinestetik, praktik padat dan terdistribusi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 02 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI