PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PASSING MENDATAR DENGAN JARAK BERTAHAP DAN JARAK TETAP TERHADAP KEMAMPUAN PASSING MENDATAR PERMAINAN SEPAK BOLA DITINJAU DARI KOORDINASI MATA-KAKI (Studi Eksperimen Pada Sekolah Sepak Bola Bina Bola Kabupaten Nganjuk Tahun 2016)
Author (Penulis)
MOCHAMMAD BAJU
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.0.06.01.0024
Abstract
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PASSING MENDATAR DENGAN JARAK BERTAHAP DAN JARAK TETAP TERHADAP KEMAMPUAN PASSING MENDATAR PERMAINAN SEPAK BOLA DITINJAU DARI KOORDINASI MATA-KAKI
(Studi Eksperimen Pada Sekolah Sepak Bola Bina Bola Kabupaten Nganjuk Tahun 2016)
Mochamad Baju
NPM : 14.0.06.01.0024
Keguruan Olahraga – Program Pascasarjana
email@gmail.com
Prof. Dr. dr. Muchsin Doewes, AIFO. dan Dr. Rr. Forijati, M.M.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Perbedaan Pengaruh latihan passing mendatar dengan jarak bertahap dan jarak tetap terhadap kemampuan passing mendatar; (2) Pengaruh antara siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap kemampuan passing mendatar; dan (3) Interaksi antara kombinasi latihan passing dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan passing mendatar.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menendang bola kesasaran menggunakan kaki bagian dalam dan untuk mengukur koordinasi mata-kaki dengan soccer wall volley test. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2 dan uji Newman Keuls.
Hasil penelitian : 1) Ada perbedaan pengaruh latihan passing mendatar dengan jarak bertahap dan jarak tetap terhadap kemampuan passing mendatar. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhit = 5,2941 lebih besar dari Ftabel = 4,11 (F0 > Ft) pada taraf signifikasi 5%; 2) Ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap kemampuan passing mendatar. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhit = 7,6235 lebih besar dari Ftabel = 4,11 (F0 > Ft) pada taraf signifikasi 5%; 3) Ada interaksi antara latihan passing mendatar dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan passing mendatar. Hal ini ditunjukkan oleh F0 = 10,3765 lebih besar dari Ft = 4,11 pada taraf signifikasi 5%.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) ada perbedaan pengaruh latihan passing mendatar dengan jarak bertahap dan jarak tetap terhadap kemampuan passing mendatar. Latihan passing mendatar dengan jarak bertahap lebih baik pengaruhnya terhadap latihan passing mendatar dengan jarak tetap; 2) ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap kemampuan passing mendatar. Siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan passing mendatar; dan 3) ada interaksi antara kombinasi latihan dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan passing mendatar. Siswa yang memiliki koordinasi mata dan kaki kategori tinggi lebih tepat jika diberi perlakuan latihan dengan jarak bertahap, sedangkan siswa yang memiliki koordinasi mata dan kaki kategori rendah lebih tepat jika diberi perlakuan latihan dengan jarak tetap.
Kata kunci : latihan passing mendatar dengan jarak bertahap, jarak tetap, kemampuan passing mendatar.