Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Servis Dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Sepak Takaw Pada Siswa Putra Kelas viii SMP negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2015/2016.(Study Eksperimen Pembelajaran Servis Bola Dilambungkan Sendiri Dan Bola Dilempar) Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Servis Dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Sepak Takaw Pada Siswa Putra Kelas viii SMP negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2015/2016.(Study Eksperimen Pembelajaran Servis Bola Dilambungkan Sendiri Dan Bola Dilempar)


Author (Penulis)

ANGGA FAHLAVI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0009

Abstract

Abstrak Angga Fahlavi.Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Servis Dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Sepak Takaw Pada Siswa Putra Kelas viii SMP negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2015/2016.(Study Eksperimen Pembelajaran Servis Bola Dilambungkan Sendiri Dan Bola Dilempar) Tesis, Keguruan Olahraga, Program Pascasarjana, UN PGRI Kediri. 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :(1)Adanya perbedaan pengaruh pembelajaran servis antara bola dilambungkan sendiri dan bola dilempar terhadap hasil belajar servis bawah Sepak takraw; (2) Adanya perbedaan hasil belajar servis bawah sepak takraw antara koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah; dan (3) Adanya interaksi antara pembelajaran servis dan koordinasi mata-kaki terhadap hasil belajar servis bawah sepak takraw. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas VIII SMPN 1 GONDANG tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 308 siswa. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Dari jumlah sampel 40 orang dilakukan tes dan pengukuran koordinasi mata-kaki, sehingga akan diketahui siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah untuk selanjutnya dikelompokkan menjadi 4 kelompok,Untuk diberi perlakuan dan tes servis bawah sepak takraw. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2 dan uji Newman Keuls. Hasil penelitian : (1) Ada perbedaan pengaruh pembelajaran bola dilambungkankan sendiri dan bola dilempar terhadap hasil belajar servis bawah sepak takraw pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungangung tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhit = 4,469 lebih besar dari Ftabel = 4,11 (F0 > Ft) pada taraf signifikasi 5%. (2) Ada perbedaan pengaruh koordinasi mata dan kaki tinggi dan rendah terhadap hasil belajar servis bawah sepak takraw pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungangung tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhit = 7,9448 lebih besar dari Ftabel = 4,11 (F0 > Ft) pada taraf signifikasi 5%. (3) Ada interaksi antara pembelajaran dan koordinasi mata-kaki terhadap hasil belajar servis bawah sepak takraw pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungangung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh F0 = 15,0207 lebih besar dari Ft = 4,11 pada taraf signifikasi 5%.. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan pengaruh pembelajaran bola dilambungkankan sendiri dan bola dilempar terhadap hasil belajar servis bawah sepak takraw pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungangung tahun pelajaran 2015/2016; (2) Ada perbedaan pengaruh koordinasi mata dan kaki tinggi dan rendah terhadap hasil belajar servis bawah sepak takraw pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungangung tahun pelajaran 2015/2016. (3 Ada interaksi antara pembelajaran dan koordinasi mata dan kaki terhadap hasil belajar servis bawah sepak takraw pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungangung tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci :Pembelajaran,Sevis Bawah,Sepak Takraw.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-25

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 01 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI