PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LONCAT HARIMAU DALAM SENAM LANTAI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LUSI RATNAYANTI F.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0008

Abstract

ABSTRAK Lusi Ratnayanti Fidiyah. Pengembangan Media Pembelajaran Loncat Harimau dalam Senam Lantai pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis, Keguruan Olahraga, Program Pascasarjana, Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2016. Salah satu permasalahan kurang berkembangnya proses pembelajaran penjasorkes di sekolah adalah kurang bervariasinya media dan alat bantu pembelajaran yang ada di sekolah. Guru yang kreatif akan mampu menciptakan sesuatu yang baru, atau memodifikasi yang sudah ada untuk disajikan dengan cara yang lebih menarik, sehingga anak merasa senang dan tidak takut saat melakukan gerakan loncat harimau . Permasalahan tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap proses pembelajaran penjasorkes, dan dapat ditarik rumusan masalah : Produk pengembangan media pembelajaran seperti apa yang baik dan efektif untuk membantu meningkatkan penguasaan materi loncat harimau pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui produk pengembangan media pembelajaran seperti apa yang baik dan efektif untuk membantu meningkatkan penguasaan materi loncat harimau pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016, dengan sampel sebanyak 70 siswa yang dipilih menggunakan random sampling. Teknik wawancara dipergunakan untuk mengumpulkan data studi pendahuluan.. Teknik questionair digunakan untuk mengumpulkan data penilaian kelayakan produk dari para ahli, serta pendapat dari siswa (testee).Setelah itu teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang keterampilan teknik dasar loncat harimau dan teknik observasi digunakan untuk mengumpulkan data catatan lapangan tentang keterlaksanaan latihan dan penerapan penelitian. Hasil Penelitian : 1) Hasil evaluasi dua orang ahli praktisi diperoleh prosentase 81,7%, sehingga rancangan media pembelajaran bisa diujicobakan. 2) Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh prosentase 91,3%, sehingga rancangan media pembelajaran bisa dilanjutkan ke uji coba kelompok besar. 3) Hasil uji coba kelompok besar diperoleh prosentase 86,5%, sehingga rancangan media pembelajaran bisa dilanjutkan ke tahap uji efektivitas produk 4) Nilai beda hasil pre-test dan post-test uji efektivitas produk media pembelajaran loncat harimau untuk kelompok eksperimen sebesar 6,215 dengan skala dan untuk kelompok kontrol sebesar 0,125. Kesimpulan penelitian ini bahwa produk pengembangan media pembelajaran loncat harimau menggunakan tumpuan dan rintangan efektif sesuai dengan kondisi sekolah dan dapat meningkatkan hasil belajar loncat harimau siswa. Saran dan pemanfaatan media pembelajaran ini sebagai produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian pembelajaran penjasorkes agar siswa lebih senang dan dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran loncat harimau. Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, loncat harimau, tumpuan dan rintangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-26

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 01 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI