TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN TERHADAP TELUR ASIN YANG DIASINKAN DENGAN UMUR TELUR YANG BERBEDA


Author (Penulis)

WAHYU RIADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.04.01.0021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaan konsumen terhadap telur asin yang diasinkan dengan umur telur yang berbeda. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana tingkat kesukaan konsumen terhadap telur asin yang diasinkan dengan umur telur yang berbeda. Penelitian ini dilakukan mulai bulan April ampai Mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), menggunakan empat perlakuan dengan umur telur 1, 7, 14, dan 21 hari dengan ukuran sedang (60-65g), Parameter yang diamati adalah Uji Organoleptik (warna, rasa, dan tekstur) menggunakan 10 panelis standar dan dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Organoleptik telur asin yang paling disukai terdapat pada perlakuan pengasinan pada umur telur 14 hari dengan skor 4,43 (warna), 4,13 (rasa) dan 4,43 (tekstur).Hasil penelitian ini adalah pengasinan pada umur telur yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap rasa dan tekstur masir, namun tidak memberikan pengaruh nyata terhadap warna pada telur asin yang dihasilkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI