Sistem Informasi Pendataan Posyandu Balita pada Desa Klodan Nganjuk


Author (Penulis)

ANDRIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.03.0117

Abstract

ABSTRAK

 

ANDRIYANI : Sitem Informasi Pendataan Posyandu Balita pada Desa Klodan Nganjuk, Sistem Informaasi, FT UN PGRI Kediri, 2018

 

Kata Kunci : Pendataan, balita, Posyandu, delphi

 

 

Dalam bidang kesehatan teknologi seperti komputer sangat dibutuhkan, begitu juga di Posyandu – Posyandu yang harus melakukan pendataan balita secara benar dan akurat. Sehingga  pelayanan pendataan posyandu balita yang diberikan lebih cepat dan tepat dalam proses cek kesehatan, perkembangan maupun pertumbuhan balita. Sehingga dengan mudah petugas posyandu dapat menginputkan pendataan balita tiap bulannya di dalam aplikasi untuk mengontrol kesehatan, perkembangan, dan pertumbuhan balita setiap bulannya dengan mengadakan posyandu balita setiap bulan pada minggu awal. permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana membuat sistem informasi pendataan Posyandu balita di Desa Klodan untuk mengetahui tumbuh kembang balitanya dan Bagaimana mendesain aplikasi sistem pendataan Posyandu balita di Desa Klodan yang mudah digunakan pengguna dengan desain yang menarik. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Menghasilkan rancangan sistem informasi pendataan yang dapat memberikan kemudahan pendataan pada posyandu balita Dahlia dan Mengimplementasikan hasil rancangan sistem informasi pendataan agar dapat mendukung kelancaran pendataan pada posyandu balita. Dalam penelitian ini untuk menghasilkan rancangan sistem pendataan di posyandu dengan menggunakan program aplikasi delphi dan navicat untuk dapat mempermudah pencatatan posyandu yang meliputi pendataan imunasi dan periksa pada balita.


Keyword

Pendataan, Balita, Posyandu

Reference

Hanum, S. M. (2017). Pengabdian Masyarakat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan posyandu balita melalui perbaikan sistem administrasi. Seminar Nasional&Call For Papper, FEB Unikama"Peningkatan ketahanan Ekonomi Nasional dalam rangka menghadapi persaingan global", 34-35.

Mulyani, W. d. (2015). Pembangunan sistem informasi data balita pada posyandu desa ploso kecamatan punung kiabupaten pacitan. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi- Volume 7 No.2-2015- Ijns.org, 19.

Putri, I. M. (2017). Pelatihan kader pembentukan posyandu remaja di dusun ngentak bangunjiwo kasihan bantul yogyakarta. Proisiding Seminar nasional publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. implementasi penelitian dan pengabdian masyarakat untuk peningkatan kekayaan intelektual. universitas muhammadiyah semarang. 30 september 2017, 532.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.

Zulfikar Yusya Mubarak, E. N. (2017). Perancangan sistem informasi kesehatan di tingkat posyandu cilacap selatan. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 271-276.


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade