SISTEM INFORMASI RESERVASI TIKET TRAVEL BERBASIS SMS GATEWAY


Author (Penulis)

RIHANDI ALAN PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.03.0116

Abstract

                                                                                                       ABSTRAK

Almas merupakan salah satu perusahaan agent travel yang sudah sangat dikenal di kota Kediri karena jasa agent travel ini banyak digunakan oleh masyarakat terutama yang berada di kota Kediri. Bahkan saat ini perusahaan agent travel ini berkembang dengan cepat, akan tetapi untuk penanganan sistem informasi pelayanan tiket untuk konsumen belakangan masih dilakukan dengan menggunakan pesawat telefon biasa atau dengan konsumen datang langsung ke agent travel tersebut untuk mendapatkan informasi, seperti informasi harga tiket, jadwal keberangkatan, pemesanan tiket. Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi adalah (1) untuk merubah dari penggunaan pesawat telepon menjadi sistem SMS sehingga tidak akan terjadi antrian pada jaringan komunikasinya dan konsumen tidak harus menunggu untuk terhubung dengan operator ticketing (2) Konsumen cukup mengirimkan pesan untuk mendapatkan informsi yang diperlukan. Metode Penelitian penyusunan skripsi ini adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data primer yang terdiri dari melakukan observasi atas sistem yang berjalan dan melakukan wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan, dan yang kedua sumber data sekunder yaitu data-data yang diperoleh berdasarkan buku-buku bacaan, karya ilmiah, dan internet. Metode pengembangan sistem ini menggunakan metode yang mengikuti tahapan-tahapan Unified Software Development Process (USDP). Unified  Process  (UP)  atau  kadang  disebut  sebagai  Unified  Software Development  Process  (USDP)  adalah  kerangka  proses  pengembangan  yang bersifat use-case-driven, berpusat pada arsitektur perangkat lunak, interatif dan tumbuh-kembang. Metode perancangan yang digunakan adalah class diagram, usecase, activity diagram, perancangan proses, masukan dan keluaran, serta rencana implementasi yang diusulkan. Hasil analisa ini diharapkan mampu memperbaiki dan memberikan solusi untuk kelemahan dari sistem yang sedang berjalan dan mampu memberikan informasi jadwal travel yang akurat, cepat dan tepat kepada para pelanggan.


Keyword

Sistem Informasi, Reservasi, Tiket, SMS Gateway

Reference

DAFTAR PUSTAKA

[1] Jogiyanto Hartono, MBA,Ph.D,. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi.

[2] Yoeti, Oka A, 1978. Tour and Travel Management, Jakarta: Pradnya Paramitha.

[3] Turban E. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 7th Edition, Jilid 1, Inc.Upper Saddle River. New Jersey.

[4] (Scott, 2001). George M. Scott, Prinsip-Prinsip Sistem Informasi Manajemen, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001.

[5] Jones, F. L., and Rama. (2006). Accounting information systems, international student edition, Thomson South-Western.

[6] Mathiassen, L., Madsen, Andreas M., Nielsen, P. A., and Stage, J. (2000). Object oriented analysis and design, 1st ed., Denmark: Forlaget Marko.

[7] Fathansyah.1999. Basis Data. Informatika Bandung, Bandung.

[8] Henderi. (2008). Unified Modelling Language.Tangerang:Raharja Enrichment Centre (REC)


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade