ARSITEKTUR FORECASTING SISTEM PRODUKSI BERAS MENGGUNAKAN REGRESI LINIER


Author (Penulis)

ENDANG HARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.03.0097

Abstract

ABSTRAK

 

     Padi   (Oryza   Sativa)   merupakan salah satu tanaman yang penting di Indonesia. Dari tanaman padi dihasilkan beras, yang merupakan bahan makanan pokok bagi rakyat Indonesia. Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia perdagangan, penggunaan pengolahan data menjadi informasi secara terkomputerisasi menjadi sangat penting. PT. Mawar merupakan salah satu perusahan yang bergerak dalam bidang penjualan beras yang cakupan wilayahnya cukup luas. Untuk dapat meraih keuntungan atau laba yang maksimal, perusahaan/badan usaha harus dapat mengikuti perkembangan teknologi. Produksi  yang  berlebihan akan merugikan perusahaan. Ini berarti banyak  biaya yang dikeluarkan dari biaya-biaya yang ditimbulkan dengan adanya persediaan tersebut, yang mana biaya dari pembelian itu sebenarnya dapat  digunakan  untuk  keperluan  lain yang  lebih  menguntungkan. Kekurangan produksi  bahan  baku  dapat  merugikan perusahaan  karena akan mengganggu kelancaran dari proses kegiatan produksi dan  distribusi  perusahaan. Produksi  barang diartikan sebagai  barang  yang  diperoleh perusahaan  untuk  dijual  kembali  atau diolah  lebih  lanjut  dalam  rangka menjalankan  kegiatan  perusahaan.

      Untuk  itu  produksi  barang menjadi  hal  yang  penting,  sebab sukses tidaknya perencanaan dan pengawasan produksi akan berpengaruh  besar  terhadap keberhasilan  suatu  perusahaan,  salah satunya  pada  penentuan  keuntungan perusahaan.  Perusahaan  yang  dapat mengendalikan  sistem  produksinya dengan  tepat  akan  memudahkan perusahaan untuk  bertahan dalam kegiatan operasional dan menjaga kelancaran operasi  perusahaan.

 

KATA KUNCI  : Forecasting Sistem Produksi Beras,  Menggunakan Regresi Linier


Keyword

regresilinier

Reference

DAFTAR PUSTAKA

[1] J.   Supranto,   2000,  Statistik   (Teori   dan,Aplikasi),Edisi.Keenam,Erlangga, Jakarta.

[2] Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality Management,Gramedia Pustaka Utama,Jakarta.

[3] Pinem, E.M. 2012. Metode Eksponensial Smoothing untuk peramalan Jumlah Air Minum yang disalurkan PDAM Tirtanadi Medan tahun 2014. Tugas Akhir. Medan : Universitas Sumatera Utara.

 

[4]    Makridakis, S dan Steven C,W. 1994. Metode Peramalan untuk Manajemen EdisiKelima. Binarupa Akasara. Jakarta.

[5] Heizer, Jay dan Barry Render, 1996. Operations Management 5thed, New Jersey: Prentice Hall, inc.

[6] Gaspersz, V. 2005. Production Planning and Inventory Control Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufakturing 21. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, hlm.71

 

 

 

 

[7] Fathansyah.1999. Basis Data. Informatika Bandung, Bandung.

[8] Henderi. (2008). Unified Modelling Language.Tangerang:Raharja Enrichment Centre (REC)


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade