Sistem Informasi Penjualan berbasis Website pada Cokelat Merek Ibuke


Author (Penulis)

AYU WINDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.03.0070

Abstract

CV Frenzy merupakan perusahaan rumahan yang memproduksi olahan cokelat dengan merek Ibuke. Cokelat Ibuke merupakan salah satu produk olahan kuliner Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Kediri. . Sistem penjualan yang selama ini digunakan oleh CV Frenzy adalah memakai sistem penjualan tunai secara manual sehingga kinerjanya belum efektif dikarenakan terjadi penumpukan arsip yang tidak teratur. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Cokelat sebagai produk dari UMKM Kediri merupakan suatu hal yang baru, mengingat cokelat bukanlah makanan asli dari Kediri. Hal ini tentu saja akan menjadi kendala bagi perusahaan produsen Cokelat Ibuke yaitu CV Frenzy apabila tidak diiringi dengan strategi yang efektif di bidang pemasaran. (2) Kurangnya penerapan strategi pemasaran yang efektif pada produk CV Frenzy yaitu Cokelat Ibuke untuk mengusai persaingan pasar dan mencapai tujuan perusahaan sehingga nantinya dapan menjadi produk pangan unggulan Kediri. (3) Kurangnya memanfaatkan kesempatan untuk menjual produk secara online. (4) Proses penjualan yang dilakukan CV Frenzy sepenuhnya diatur pemilik yang mempunyai karyawan untuk memasarkan hasil desain, konsumen yang tertarik untuk membeli harus mendatangi langsung ke alamat tersebut, selain itu jarak tempuh konsumen ke tempat distributor jauh, sehingga enggan untuk datang langsung. Penelitian ini menggunakan sistem penjualan berbasis web yaitu sistem serta prosedur yang mengorganisasi formulir, catatan, laporan dan transaksi yang berhubungan dengan kegiatan penjualan perusahaan yang berasal dari transaksi penjualan tunai atau transaksi lain yang dapat menambah kas perusahaan dengan menggunakan suatu media agar dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan manajemen. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Aplikasi berbasis web dapat menjadi alternatif sebagian besar masyarakat yang ingin mencari barang ataupun informasi dengan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya. (2) Pada perancangan web e-commerce ini merupakan sarana untuk mendapatkan informasi produk serta cara pemesanan produk Cokelat Ibuke secara online yang bisa diakses oleh siapa saja. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, diharapkan dapat (1) Memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai produk dengan cepat dan efisien. (2) Mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi pembelian, karena transaksi dilakukan secara online. (3) Meningkatkan kemampuan bersaing seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dalam dunia bisnis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI