ANALISA SENTIMEN PELANGGAN TOKOPEDIA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES BERDASARKAN REVIEW PELANGGAN


Author (Penulis)

AI NURHAYATUL KAMILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.03.0069

Abstract

Marketplace ataupun website penjualan selalu menyertakan review produknya, namun informasi kualitas produk belum sampai dengan baik kepada pelanggan. Salahsatu cara mengetahui kualitas produk adalah dengan membaca review pelanggan berdasarkan pengalaman pelanggan lain. Dalam sebuah review terkandung kalimat negatif dan positif. Setiap baris teks dapat diolah untuk mendapatkan informasi sentimen yang terkandung dalam setiap review. Review merupakan data tidak terstruktur dan tidak baku, hal ini merupakan permasalahan dalam pemerosesan data. Teks mining sangat diperlukan untuk menangani permasalahan teks yang tidak tersetruktur. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana memperoleh informasi kualitas sebuah produk berdasarkan review pelanggan menggunakan klasifikasi naive bayes? (2) Bagaimana mendapatkan informasi review teks yang tidak tersetruktur? (3) Bagaimana unjuk kerja algoritma naive bayes dalam klasifikasi teks? Algoritma naive bayes digunakan dalam klasifikasi data. Data dibagi menjadi 2 kategori yaitu review positif dan negatif. Sebelum proses klasifikasi dilakukan data diolah terlebihdahulu pada tahap proses data awal atau biasa disebut pre processing. Dalam penelitian ini hanya melakukan 3 tahap yaitu tokenization, filtering dan stemming, kemudian transformation untuk merefresentasikan kehadiran dan ketidakhadiran sebuah kalimat dalam bentuk angka. Hasil penelitian ini disimpulkan (1) Dengan adanya klasifikasi review menggunakan metode Naive Bayes, terbukti data sentimen dapat di kategorikan kedalam class review negatif dan positif. Sehingga informasi dapat sampai pada konsumen. (2) Data yang tidak terstruktur seperti review dapat di olah menjadi data yang terstruktur dengan proses preprocessing, seperti tokenization, filtering dan stemming(3) hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat performa algoritma naive bayes sebesar 77%. KATA KUNCI : analisa sentimen, naive bayes, pre processing, review pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI