APLIKASI GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH MENGGUNAKAN METODE WATERFALL
Author (Penulis)
AMELIA ANADA KEVIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.03.0041
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan sang penulis terhadap proses belajar mengajar yang terjadi di SDN Ngadiluwih 1 yang masih kurang efektif dan menyeluruh. Dimana belajar mengajar masih bersifat tradisional dan berpusat pada guru sehingga suasana belajar mengajar menjadi monoton dan tidak bisa merangkul seluruh siswanya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahap-tahap mengembangkan game edukasi sebagai media pembelajaran bahasa inggris SD kelas III ? (2) Bagaimana pengembangan game edukasi sebagai media pembelajaran dari sudut pandang orang tua serta pengajar ? (3) Bagaimana pendapat siswa tentang game edukasi ini ? (4) Bagaimana penggunaan analisis metode waterfall pada gambar tersebut ?. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas III SDN ngadiluwih I. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pencarian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Melalui media pembelajaran game edukai agar lebih mempermudah sarana pembelajaran di kelas. (2) Melalui media pembelajaran game edukasi ini dapat menambah wawasan siswa serta memberikan motivasi yang lebih. (3) melalui media pembelajaran game edukasi ini terbukti dapat meningkatkan rasa ingin belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan media pembelajaran game edukasi adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa serta media pembelajaran yang tidak monoton. Oleh karena itu guru dituntut dapat memahami media pembelajaran ini serta dapat menuntun murid dalam memahami materi yang disampaikan lewat media ini. (2) Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran game edukasi ini dirasa sudah cukup baik.
Kata Kunci : Aplikasi game edukasi, Motivasi, Bahasa Inggris