Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan pada UD. PUTERA JADI SHUTTLECOCKS Nganjuk
Author (Penulis)
PUDJI WAHYU NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.03.0020
Abstract
Sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat managerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan - laporan yang diperlukan. Gaji merupakan sejumlah pembayaran kepada pegawai yang diberi tugas administratif dan manajemen yang biasanya ditetapkan secara bulanan Sistem informasi penggajian karyawan ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah admin, personalia maupun bagian keuangan dalam melaksanakan tugasnya. Fitur dalam sistem informasi penggajian karyawan ini antara lain input data karyawan, input data golongan, input data produksi karyawan, input data lembur karyawan, laporan data lembur karyawan, laporan data gaji karyawan, dan slip gaji karyawan.Sistem informasi penggajian karyawan ini dirancang menggunakan metode waterfall. Metode waterfall adalah suatu proses pengembangan perangkat lunak berurutan, dimana kemajuan dipandang sebagai terus mengalir ke bawah (seperti air terjun) melewati fase-fase perencanaan, pemodelan, implementasi (kontruksi), dan pengujian.Pemodelan dalam penelitian ini menggunakan Unified Modeling Language (UML). Sistem informasi penggajian ini telah dikembangkan dari yang sebelumnya masih pencatatan manual menggunakan Buku Besar ke aplikasi berbasis desktop. Sistem informasi penggajian karyawan ini lebih efektif dan efisien karena bisa mengurangi kesalahan (Human Error) dalam hal penghitungan gaji karyawan sehingga sangat membantu kinerja dari bagian keuangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data penggajian karyawan, penelitian ini berhasil merancang sistem informasi penggajian efisien dan sesuai dengan data produksi karyawan ke dalam pengembangan sistem menggunakan metode waterfall.