Sistem informasi pelayanan service mobil dengan metode e-commerce


Author (Penulis)

DICKY ARIYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.03.0007

Abstract

                                                                                                                ABSTRAK

Salah satu perusahaan yang mengembangkan usahanya pada pelayanan jasa perbaikan atau usaha bengkel adalah Bengkel Pacifik mobil, Pacifik Mobil adalah sebuah bengkel yang melayani jasa service mobil. Dalam tahap service mobil harus di cek kilometer pada mobil yang akan di service, oli dari supplier juga harus di cek. Sedangkan suku cadang yang ada di bengkel berjumlah sekitar 112 yang diantaranya adalah oli, ban, power stering, kampas rem dan lain-lain. Masalah dari bengkel pacifik transaksinya masih dicatat secara manual. Pada transaksi pelayanan atau penerimaan pelanggan hanya mengandalkan bukti transaksi manual, sehingga pada proses pelayanan jasa service masih sering terjadi kekeliruan data transaksi, baik data pada mekanik yang menangani jasa service ataupun data sparepart yang digunakan, hal itu terjadi karena penanganan penerimaan pelanggan masih dilakukan secara manual. Pada bengkel ini mempunyai beberapa catatan buku,Sehingga yang dicatat adalah harga pokok barang dan jumlah stoknya, dikarenakan tidak ada keterangan yang terperinci pada buku tersebut, maka sering terjadi kehilangan. Solusi dari permasalahan barang ataupun keterlambatan dalam persediaan suku cadang, yang menyebabkan bengkel kehabisan stok, sehingga keterlambatan dalam melakukan service dikarenakan stok yang sudah habis dan harus menunggu.

 

KATA KUNCI  : Sistem Informasi Pelayanan Service Mobil Dengan Metode E-Commerce“.,


Keyword

Sistem pelayanan service e-commerce

Reference

DAFTAR PUSTAKA

[1] Aryanto, Tri Irianto Tjendrowasono (2013), Pembangunan Sistem Penjualan      Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta, Indonesian Jurnal. on Computer Science – Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 – ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 - 9330.

[2] Agustin Dyah Utami, Ramadian Agus Triyono, Pemanfaatan Blackberry Sebagai Sarana Komunikasi Dan Penjualan Batik Online Dengan Sistem Dropship Di Batik Solo 85, (IJCSS) 14 – Indonesian Jurnal on Computer Science Speed – FTI UNSA Vol 9 No 3 – Desember 2012 – ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 – 9330.

[3] Bambang Eka Purnama (2013), Membangun Toko Online Dengan WP Commerce, Graha Ilmu,Yogyakarta.

[4] Ida Astrarina, Berliana Kusuma Riasti, Pembuatan Sistem Penjualan Online Pada Toko PN Musik Sukoharjo, (IJCSS) 14 – Indonesian Jurnal on Computer Science Speed – FTI UNSA Vol 9 No 3 – Desember 2012 ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 – 9330.

[5] Kadir, A. 1999, Konsep Dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta , Andi.

[6] Nugroho, Bunafit, 2007, Tip Dan Trik  Membuat Aplikasi Web dengan PHP, Yogjakarta, Gava Media.

[7] Nugroho, Bunafit, 2008, Membuat Sistem Informasi Berbasis Web dengan PHP MySQL. Yogjakarta, Gava Media.

[8] Syafii, M, 2004, Membangun Aplikasi Berbasis PHP dan MySQL Yogyakarta , Andi.

[9] Sri Haryanti, Tri Irianto, Rancangan Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode kudus, Indonesian Jurnal on Computer Science – Speed (IJCSS) 13 Vol 9 No 2 – Agutus 2012, ISSN 1979.

[10] Witarto, 2004, Memahami Sistem I  nformasi. Bandung, Informatika


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade