SISTEM PENGENALAN POLA ANGKA MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING UNTUK MENARIK MINAT BELAJAR ANAK


Author (Penulis)

EKAMILIA CHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0440

Abstract

Dengan pesatnya kemajuan kurikulum pendidikan saat ini kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sangat penting dikembangkan untuk kesiapan dalam mengikuti pembelajaran ditingkat yang lebih tinggi. Akan tetapi pembelajaran yang hanya terpaku pada buku pelajaran membuat sebagian besar anak merasa bosan. Berdasarkan permasalahan di atas maka dilakukan sebuah penelitian untuk merancang sebuah sistem pengenalan pola angka yang dapat direkomendasikan sebagai model pembelajaran pengenalan angka menggunakan metode template matching dan pencocokan euclidean distance. Berdasarkan pengujian yang dilakukan sistem sudah layak digunakan untuk pembelajaran anak mengenal angka 0 sampai 9 dengan presentasi keberhasilan pengenalan sebesar 78%, Penulisan dengan ketebalan kanvas rendah dan angka yang memiliki kemiripan bentuk banyak mengalami kesalahan identifikasi hal ini dipengaruhi oleh matrik yang dihasilkan, letak penulisan citra masukan juga berpengaruh dalam proses identifikasi sistem, selain itu berdasarkan pengujian kuesioner yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem pengenalan pola angka 0 sampai 9 dengan menggunakan metode template matching sudah bisa digunakan untuk menarik minat belajar anak mengenal dan menulis pola angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI