MENGUBAH OBJEK CITRA 2D MENJADI OBJEK CITRA 3D BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MEDIA KAOS DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY
Author (Penulis)
YUSAK WASIS PRATONGGO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0391
Abstract
Abstrak
Kabupaten Kediri sebagai salah satu destinasi pariwisata di Jawa Timur yang memiliki
beragam potensi kepariwisataan, seni budaya, dan produk-produk unggulan daerah yang berkualitas,
berdaya saing, dan layak jual serta diminati oleh wisatawan. Salah satu produk tempat wisata yang
sering diperjual belikan adalah souvenir, contoh dari souvenir adalah kaos tempat wisata hanya
bergambar 2D dan tidak bisa menampilkan secara interaktif dengan visualisasi digital.
Augmented Reality adalah realita tambahan atau teknologi penggabungan dunia nyata dan
dunia virtual yang bersifat interaktif secara real time dan menerapkan wujud animasi 3D.
Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana merancang dan membuat program teknologi
Augmented Reality pada souvenir kaos wisata di Kediri yang dapat menampilkan secara interaktif
dengan visualisasi digital.
Hasil pengembangan berupa aplikasi berbasis android bernama Kaos 3D Wisata Kediri yang
memiliki fitur (1) Menampilkan Objek 3 dimensi (2) Menampilkan teks dan audio deskripsi wisata
yang ditampilkan.
Kesimpulan setelah melakukan pengujian di dapatkan Aplikasi ini berjalan pada perangkat
mobile bersistem operasi Android Jelly Bean (4.1) keatas. Aplikasi dapat berjalan lancar dengan
spesifikasi RAM 1,5 Gb keatas, pada device dengan spesifikasi RAM 1 Gb ke bawah, aplikasi ini
bisa digunakan tetapi kurang berjalan maksimal.Dari hasil pengujian menu AR dapat menemukan
pola image target dan objek terlihat jelas sehingga menampilkan objek 3D mulai jarak 60 cm dengan
sudut 0° dan kriteria pencahayaan sinar matahari berawan dan cahaya lampu.
Kata kunci : Augmented Reality, Android, Kaos,3D