CLUSTERING DATA NILAI SISWA UNTUK MENENTUKAN JURUSAN PADA SISWA KELAS X SMAN 5 KEDIRI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS


Author (Penulis)

JEFFRIDIN INDRA BACHTIAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0362

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersrukturnya dalam menentukan jurusan siswa kelas X yang ada pada SMAN 5 Kediri, karena dalam penjurursan saat ini masih menggunakan sistem yang terpacu pada nilai UN SMP pada kurikulum 2013 dan angket minat siswa, hal ini menyulitkan siswa untuk menentukan jurusan sesuai kemampuanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan data mining dengan metode K-Means dalam aplikasi penjurusan siswa di SMAN 5 Kediri. bagaimana merancang program aplikasi penentuan jurusan siswa SMAN 5 Kediri dengan metode K-Means. Penelitian ini menggunakan metode K-Means Clustering untuk mendapat hasil penjurusan yang akan mempermudahkan guru atau sekolah dalam menentukan jurusan siswa. K-means Clustering metode non hierarkial adalah algoritma sederhana dan efektif untuk menemukan pengelompokan dalam data Pada proses penjurusan yang digunakan adalah data nilai dan data siswa tahun masuk 2016/2017. Adapun jurusan yang ada yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kesimpulan hasil penelititan ini adalah menghasilkan sistem penentuan jurusan dengan menggunkan metode K-Means Clustering sesuai dengan kriteria penjurusan. Menghasilkan penjurusan siswa dari perhitungan menggunakan metode K-means Clustering.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI