CLUSTERING WILAYAH PADA PELANGGARAN BERKENDARAAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS (Study Kasus : Polres Kediri)
Author (Penulis)
Wulan Fajariyanti
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0359
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat kediri yang sering melakukan pelanggaran dalam berkendaraan. Sehingga menyulitkan untuk para pihak kepolisian lalu lintas kediri dalam upaya memberikan himbauan – hibauan demi keselamatan para pengguna jalan. Kemudian terjadinya penumpukan data pelanggaran atau data tilang yang hanya diproses kedalam Microsoft Excel sehingga membuat data tersebut tidak beraturan. Data yang sudah masuk hanya di proses secara manual sehingga menyulitkan untuk mengetahui wilayah – wilayah mana saja yang sering melakukan pelanggaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana merancang sistem yang dapat klasterisasi wilayah pada pelanggaran dalam berkendaraan menggunakan metode K-Means di Polres Kediri. Bagaimana menerapkan metode K-Means pada sistem klasterisasi wilayah yang sering melakukan pelanggaran berkendaraan di Polres Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dikarenakan data kriteria diolah dengan menggunakan metode K-Means untuk mendapatkan hasil Cluster wilayah pada jenis pelanggaran dalam berkendaraan.
Kesimpulan hasil penelitian ini dengan menghasilkan aplikasi yang dapat klasterisasi wilayah pada pelanggaran dalam berkendaraan pada polres kediri. Dengan penerapan algoritma K-Means dapat mengklaster wilayah pada pelanggaran dalam berkendaraan berdasarkan banyak, sedang dan sedikit wilayah yang melakukan jenis pelanggaran dalam berkendaraan.
Kata Kunci : pelanggaran berkendaraan, wilayah, kmeans, klasterisasi