IMPLEMENTASI KLASIFIKASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI DENGAN METODE ID3(INTERATIVE DISCHOMOTOMISER THREE)


Author (Penulis)

Ilham Rizkil Akbar
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0350

Abstract

Penelitian ini, dilatar belakangi hasil wawancara dan observasi awal di Sekolah Dasar, yang didapatkan pemilihan siswa berprestasi di SDN PAGU 1 Kabupaten Kediri, masih menggunakan nilai dan absensi sebagai acuan untuk menentukan siswa tersebut berprestasi atau tidak. Kreiteria – kriteria yang digunakan untuk memilih siswa berprestasi belum terlalu mendetail, karena menggunakan absensi dan nilai siswa. Akibatnya data yang disampaikan masih belum akurat. Hal ini terlihat dari pemilihan siswa berprestasi yang hanya menggunakan nilai dan absen sebagai dasar penentuannya. Didalah penelitian didapatkan beberapa permasalahan pada penelitian seperti: Kurang lengkapnya data siswa pada sistem yang lama seperti, absensi, nilai rata rata dan murid yang ikut extrakulkuler terutama pramuka dan tpa, yang menyebabkan data harus di rakap dulu agar mudah dalam pembuatan laporan. Kurangnya informasi, seputar siswa berprestasi di lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah hanya guru dan kepala sekolah yang mengetahuinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis. Dengan subyek penelitian siswa SDN PAGU 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Interview dan Observasi, nantinya data yang disajikan berupa dokumen dan hasil pengamatan. Dari penelitian yang dilakukan penulis ditarik beberapa kesimpulan, sebagai berikut: Melalui penelitian, dapat diketahui, atribut mana yang efektif digunakan sebagai dasar perhitungan/klasifikasi. Dengan dibuatnya Sistem Penentuan Siswa berprestasi ini, dapat mempermudah staff sekolah dalam menentukan siswa berprestasi atau tidak. Dan menambah pengetahui seputar sekolah dan siswa berprestasi. Sistem yang dapat membantu staff sekolah dalam menentukan siswa berprestasi dengan menerapkan konsep Data Mining dan algoritma Iterative Dichotomiser Three sebagai metode pendukungnya. Berdasarkan dari simpulan, penulis memberikan beberapa saran agar penelitian ini dapat dilanjutkan atau disempurnakan, berikut adalah sarannya penambahan atribut yang akan dibuat sebagai dasar perhitungan/klasifikasi. Untuk selanjutnya dibangun aplikasi untuk dengan perhitungan algoritma yang berbeda.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI