APLIKASI PEMBELAJARAN MENGHAFALKAN HURUF DAN ANGKA TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS SMARTPHONE ANDROID DENGAN METODE MARKERLESS


Author (Penulis)

VEBRIAN BRAMANTIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0344

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Murid-murid yang ada pada TK Darmawanita Desa Nanggungan pada tahun 2017 masih kesulitan untuk menghafalkan huruf dan angka. Walaupun sudah menggunakan alat-alat peraga untuk mengajar muridnya seperti buku, poster, dan sebagainya.

Permasalahan penelitian ini yaitu Bagaimana memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran Mengenal Huruf dan Angka 3D untuk meningkatkan minat murid TK dalam mengikuti pelajaran secara menarik, informatif dan unik ?

Hasil pengembangan berupa aplikasi berbasis Android bernama Mengenal Huruf dan Angka yang memiliki fitur 1) Menampilkan objek 3 dimensi 2) Mengeluarkan suara pada setiap Huruf dan Angka.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan adanya Aplikasi mengenal Huruf dan Angka 3D ini dapat membantu murid TK untuk mengetahui tampilan objek 3D huruf dan angka berserta suara masing-masing huruf dan angka secara informatif, menarik dan unik. Aplikasi ini dapat berjalan dengan menggunakan minimum sistem operasi Android 4.4 Kitkat hingga  versi Android 8.0.0 Marshmelow. Aplikasi AR dapat berjalan dengan menggunakan minimum RAM 1,5 Gb dan berjalan lancar dengan spesifikasi RAM 2 Gb keatas dengan kapasitas penyimpanan (storage) internal tersisa masih banyak. Dari hasil pengujian menu AR dapat menemukan pola image target terlihat jelas sehingga menampilkan objek 3D dengan minimal jarak 20 cm dan dengan minimal sudut 35°.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

 

Hanief, Shofwan dan I Made Nesa Masurya. 2014. “Augmented Reality Pengenalan Busana Pernikahan Adat Bali Berbasis Multimedia.” Jurnal Sistem dan Informatika, (Online), 9 (1): 52-62, tersedia: http://jsi.stikom-bali.ac.id, diunduh 15 Mei 2017.

 

Jazilah, Nur. 2016. “Aplikasi Pembelajaran berbasis Aughmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Untuk Anak” tersedia: https://www.google.com/search?q=jurnal+penelitian+Nurjazilah+2016&client=ucweb-b&channel=sb, diunduh 10 Oktober 2017.


PUBLISHED

2018-08-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI