PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENENTUKAN KELOMPOK PENGAYAAN MATERI MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS (Study Kasus : MTs SUNAN KALIJAGA MOJO)


Author (Penulis)

Listina
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0333

Abstract

ABSTRAK Ujian Nasional merupakan sistem evaluasi standar pendidikan secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Untuk itu dalam menghadapi Ujian Nasional para siswa harus mempersiapkannya dengan baik agar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat lulus dengan nilai yang memuaskan juga. Maka sebelum menghadapi Ujian Nasional perlu diadakan pengayaan materi Ujian Nasional bagi siswa yang memiliki nilai rendah pada salah satu mata pelajaran Ujian Nasional. K-Means clustering merupakan metode yang digunakan untuk mengelompokkan sebuah data ke dalam dua atau lebih variasi atau kelompok. Pada sistem ini menggunakan data nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, MTK, IPA. Dalam penelitian ini K-Means clustering digunakan untuk menentukan kelompok pengayaan materi mata pelajaran ujian nasional. Hasil penelitian menggunakan metode K-Means adalah menghasilkan sistem yang dapat membantu untuk menentukan kelompok pengayaan secara efektif. Selanjutnya pada sistem ini dapat mengklasterisasi kelompok pengayaan ke dalam 4 kelompok yang dapat digunakan sebagai pemantauan kemampuan siswa. Kata Kunci : data mining, pengayaan, mata pelajaran, K-Means.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI