PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENENTUKAN KELOMPOK PENGAYAAN MATERI MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS (Study Kasus : MTs SUNAN KALIJAGA MOJO)
Author (Penulis)
Listina
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0333
Abstract
ABSTRAK
Ujian Nasional merupakan sistem evaluasi standar pendidikan secara nasional dan
persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian
Pendidikan. Untuk itu dalam menghadapi Ujian Nasional para siswa harus mempersiapkannya
dengan baik agar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat lulus dengan nilai yang
memuaskan juga. Maka sebelum menghadapi Ujian Nasional perlu diadakan pengayaan
materi Ujian Nasional bagi siswa yang memiliki nilai rendah pada salah satu mata pelajaran
Ujian Nasional.
K-Means clustering merupakan metode yang digunakan untuk mengelompokkan
sebuah data ke dalam dua atau lebih variasi atau kelompok. Pada sistem ini menggunakan
data nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, MTK, IPA. Dalam
penelitian ini K-Means clustering digunakan untuk menentukan kelompok pengayaan materi
mata pelajaran ujian nasional.
Hasil penelitian menggunakan metode K-Means adalah menghasilkan sistem yang
dapat membantu untuk menentukan kelompok pengayaan secara efektif. Selanjutnya pada
sistem ini dapat mengklasterisasi kelompok pengayaan ke dalam 4 kelompok yang dapat
digunakan sebagai pemantauan kemampuan siswa.
Kata Kunci : data mining, pengayaan, mata pelajaran, K-Means.