IMPLEMENTASI KONSUMEN WIJAYA MOTOR DENGAN PEMANFAATAN DATA JEJARING SOSIAL MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING
Author (Penulis)
KEVIN ONGKY PRADANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0329
Abstract
ABSTRAK
KEVIN ONGKY PRADANA : Implementasi Konsumen Wijaya Motor Dengan Pemanfaatan Data Jejaring Sosial Menggunakan K-means Clustering, Skripsi, Teknik, Teknik Informatika UNP KEDIRI , 2017.
Kata Kunci: Data Mining, Clustering, K-Means, Data Facebook.
Wijaya Motor merupakan salah satu perusahaan bergerak di bidang penjualan sparepart yang berada di kawasan Jawa Timur. Penuhnya persaingan membuat Wijaya Motor mengalami kesulitan dalam memasarkan produk dan mempertahankan konsumen setianya. Untuk itu perlunya analisa lebih lanjut agar diketahui mana konsumen yang potensial, mana yang tidak. Oleh sebab itu dirancang sebuah aplikasi dengan konsep data mining menggunakan algoritma K-Means (Clustering) untuk mengelompokkan data konsumen.
Penerapan data mining mampu menjadi solusi dengan menganalisa data transaksi yang ada pada Wijaya Motor. Data yang digunakan sebagai bahan sampel pada penelitian ini adalah data transaksi penjualan Wijaya Motor akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017. Selanjutnya dilakukan proses perhitungan total penjualan terhadap konsumen untuk mengelompokkan data konsumen.
Hasil dari proses mining membentuk beberapa kluster yang digunakan untuk memberi saran pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan yakni mengeliminasi konsumen dengan posisi cluster terbawah dan memberikan reward dan target promosi untuk konsumen dengan posisi cluster teratas.