IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI TEMPAT WISATA YANG INTERAKTIF


Author (Penulis)

RYANTANA NUR WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0307

Abstract

Penelitian ini membuat alternatif baru yakni Implementasi AR sebagai media promosi tempat pariwisata yang interaktif untuk membantu proses media promosi sehingga diharapkan mampu menjadi alternatif baru dalam media promosi yang interaktif, efektif, edukatif dan efisien sehingga bisa meningkatkan minat pengunjung. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi tempat wisata bertujuan untuk menarik minat para pengunjung baik wisatawan domestik maupun luar negeri, serta untuk memberikan pengalaman dan edukasi berbeda dalam memahami setiap tempat atau objek wisata yang dikunjungi. Permasalahan dari skripsi ini adalah bagaimana merancang dan membuat program teknologi Augmented Reality pada brosur Pariwisata di Kabupaten Nganjuk ? Dalam pembuatan dan perancangan program aplikasi ini, peneliti menggunakan aplikasi Unity 3D, Android Studio dan Sketchup. Aplikasi ini dipilih karena penulis membuat program aplikasi berbasis mobile dan aplikasi Unity 3D merupakan salah satu aplikasi untuk membuat program aplikasi mobile berbasis sistem operasi Android. Kemudian untuk proses informasi didapatkan melalui interview dan survey secara langsung ke lokasi atau objek wisata yang dijadikan penelitian. Berdasarkan penelitian ini, maka didapatkan (1) Aplikasi berbasis Augmented Reality pada brosur dapat berjalan pada perangkat mobile bersistem operasi android Jelly Bean (4.1.) ke atas. Namun terdapat beberapa tipe smartphone yang hanya tombol button yang berfungsi tetapi objek 3D tidak muncul, dikarenakan kamera tidak fokus dengan marker. Aplikasi dapat berjalan dengan baik pada device dengan spesifikasi RAM yang tinggi, aplikasi dapat berjalan lancar dengan spesifikasi RAM 1,5Gb keatas. Pada device dengan spesifikasi RAM rendah, aplikasi tidak bisa berjalan lancar. (2) Aplikasi Augmented Reality pada brosur ini dapat menampilkan objek pada jarak 10cm dengan sudut 0° dan kriteria pencahayaan sinar matahari (berawan). Sedangkan pada kriteria pencahayaan cahaya lampu (gelap) objek akan ditampilkan pada jarak 15 cm dan sudut 0°. (3) Penggunaan aplikasi Augmented Reality pada brosur wisata ini dirasa sangat efektif. Terbukti dengan tanggapan para pengguna yang menganggap aplikasi ini dapat membantu proses pemahaman pengguna tentang objek wisata yang dikunjungi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI