PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK MENENTUKAN KATEGORI PELATIH PENCAK SILAT


Author (Penulis)

IVAN NUR FAHMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0288

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penentuan pelatih pencak silat yang bersifat kurang sesuai dengan keahlian yang dimiliki dimana setiap satu pelatih tetap yang terpilih  harus membidangi semua materi pencak silat, dengan cara tersebut biasanya pelatih kesulitan melatih siswa karena setiap pelatih hanya handal dalam beberapa bidang saja dan hal tersebut menjadikan perkembangan siswa kurang begitu pesat sehingga pencapaian belum bias memenuhi target. Melalui sistem bantu yang menggunakan penerapan metode Profile Matching ini akan membantu pengurus dalam memberikan rekomendasi pelatih sesuai dengan kategori yang dibutuhkan.

Sistem rekomendasi ini digunakan untuk menentukan kategori pelatih pencak silat yang menggunakan 2 aspek yaitu Aspek Teknik dan Aspek Sikap kerja.  Masing-masing aspek tersebut memilik subaspek yang dijadikan dasar penilaian.  Nilai dalam aspek tersebut selanjutnya di hitung menggunakan beberapa tahapan dalam Profile Matching yaitu Pemetaan GAP kompetensi, Perhitungan dan pengelompokan core factor dan secondary factor, Perhitungan   Nilai Total, dan Perhitungan Penentuan Rangking.

Dari hasil penilitian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode Profile Matching telah dibuat sesuai dengan perancangan dan dapat digunakan untuk membantu proses pencarian kategori pelatih pencak silat. Kategori tersebut adalah kategori pelatih teknik, kategori pelatih kesenian, kategori  pelatih olahnafas dan kategori pelatih kerohanian. Pengambilan keputusan calon pelatih  dilakukan berdasarkan penilaian dari Aspek  Teknik dan Aspek Sikap Kerja.  Sistem bantu ini bersifat membantu pengurus organisasi dalam mencari rekomendasi pelatih pencak silat yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

 

Kata kunci: Metode Profile Matching, Kategori, Pelatih Pencak Silat, Rekomendasi, Aspek Penilaian


Keyword

Seleksi, Pelatih, Pencak Silat, Profile Matching

Reference

Aloysius,Sigit W. 2011. Pemrograman Web Aplikatif Dengan Java, Jakarta: Balai Pustaka.

 

Ariyanti, Heni. 2017. Penerepan Metode Profile Matching Pada Seleksi Atlet Untuk Masuk Dalam Kejuaraan Pencaksilat (Studi Kasus UKM Pencak Silat PSHT Universitas Nusantara PGRI Kediri). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Brooks, George A. and Thomas D. Fahey. 1984. Fundamentals of Human  Performance, New York : Mc.Millan Publishing Company

 

Buana, I Komang Setia. 2014. Jago pemrograman PHP. Jakarta: Dunia Komputer.

 

Cannon, Joseph P, William D. Perreault, Jerome McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Edisi 16 Pendekatan Manajerial Global Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

 

Justine, T Sirait. 2006. Memahami Aspek-aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

 

McClenaghan, Pate Rotella. 1993. Ilmu Kepelatihan Dasar-dasar Kepelatihan (Kasiyo Dwijowinoto, Ed.). Semarang: Semarang Press.

 

Moleong.  2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

 

Notosoejitno. (1997). Khasanah Pencak Silat. Jakarta: CV Infomedika

 

Pahlevy, Randy, Tesar. 2010. Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

 

Purwanto, Heru. 2017. Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Hyundai Mobil Indonesia Cabang Kalimalang. Jurnal Techno Nusa Mandiri, (Online)   14 (1), tersedia http://ejournal.nusamandiri.ac.id, diunduh 1 Juni 2018.

 

Riyanto. 2010. Sistem Informasi Penjualan Dengan PHP Dan MySQL. Yogyakarta: Gava Media.

 

Rudianto, Arief M 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Sambani, Egi Badar. Mulyana, Dadang. Maulana, Irfan. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Pengajar Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus pada ELTI Gramedia Tasikmalaya). Journal of Applied Intelligent System, (online), 2 (1): 103-112, tersedia: https://publikasi.dinus.ac.id, diunduh 1 Juni 2018

 

Sianturi, Safrianto. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Profile Mathcing. Medan: STMIK Budidarma Medan.

 

Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade